18:00 . Kopdar Komunitas di Jatirogo Dibubarkan Polisi dengan Alasan Prokes   |   16:00 . Menikmati Kelapa Muda Sambil Liburan di Pantai Tuban   |   14:00 . Saat Ini Okupansi Hotel di Tuban Turun Dibawah 10 Persen   |   11:00 . Masa Tunggu Haji di Tuban Capai 31 sampai 32 Tahun   |   09:00 . Satgas Waspadai Mutasi Corona dari Pekerja Migran   |   07:00 . Tips Memperbaiki Kesehatan Keuangan Pasca Lebaran   |   16:00 . ASN dalam Menyikapi Larangan Mudik di Masa Pandemi Covid-19   |   15:00 . Kapolres dan Dandim Tuban Pastikan Penerapan Prokes di Lokasi Wisata   |   12:00 . Unik, Tiang Masjid Setinggi 27 Meter Berdiri Tanpa Alat Berat   |   09:00 . Penyekatan Arus Balik Dimulai, Puluhan Kendaraan Diputarbalikkan   |   08:00 . Pesan Hoax Ledakan Corona Menyebar hingga Tingkat RT   |   07:00 . Menjaga Kesehatan di Hari Idul Fitri di Masa Pandemi Covid-19   |   14:00 . Tak Segera Diperbaiki, Jembatan Glendeng Kini Malah Ditutup Total   |   13:00 . Dampak Penyekatan di Tuban, Kasus Harian Corona di Bawah 15   |   12:00 . Walah..!!! Gegara Ini Akses Jembatan Darurat Glendeng Ditutup   |  
Sun, 16 May 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Peringati Nuzulul Qur'an, UPZ Kemenag Salurkan Sekitar Rp162 Juta Kepada Yatim Duafa

bloktuban.com | Thursday, 29 April 2021 18:00

Peringati Nuzulul Qur'an, UPZ Kemenag Salurkan Sekitar Rp162 Juta Kepada Yatim Duafa

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Memasuki hari ke 17 Ramadan 1442 H, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban menyelenggarakan kegiatan Peringatan Nuzulul Qur'an Tahun 1442 H Kementerian Agama Kabupaten Tuban bertema 'Kebersamaan Dalam Keberagaman'.

Acara yang digelar di aula PLHUT Kemenang tersebut diisi dengan tahtimul qur'an, tausiyah oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tuban, sekaligus santunan untuk anak yatim piatu dan duafa, Kamis (29/04/2021)

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tuban, Sahid, dalam sambutannya mengajak kepada yang hadir baik secara online dan offline untuk meluruskan niat dengan ikhlas dengan membaca Al Qur'an.

"Sebelumnya dilaksanakan tahtimul qur'an dilanjut doa bersama semoga keluarga besar Kemenag Tuban dijauhkan dari balak dan bencana, dan disambung dengan tausiyah oleh Ketua MUI Kabupaten Tuban," terang Kepala Kantor Kemenang Tuban.

Dia menuturkan, pada kesempatan ini UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Kemenag Tuban menyalurkan sekitar Rp162.100.000 kepada yang berhak menerima. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, namun ada yang berbeda karena saat ini dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19.

"Dana tersebut di peroleh dari zakat, infaq dan shadaqah ASN Kemenag Tuban. Untuk itu mohon para penerima mendoakan Kantor Kemenag Tuban agar terus kondusif, para ASN sehat, para ASN di berikan rezeki yang lapang yang barokah," ujarnya.

Sementara itu, Ketua MUI Kabupaten Tuban, KH. Abdul Matin Jawahir, dalam tausiyahnya menerangkan azimah ramadan. Menurutnya, ada 4 tantangan ekstern dan intern.

"Yang ekstern meliputi keduniawian, bisa berupa harta, benda dan kepangkatan, sedang internnya adalah nafsu," jelas beliau.

Pengasuh Pondok Sunan Bejagung ini menambahkan, dalam kitab Minhajul Abidin, yang meluluhkan nafsu itu ada 3 yakni mengurangi makanan karena ibadah, ibadahnya di tambah dan mohon pertolongan kepada Allah berupa doa.

"Sentral kemaksiatan itu bersumber dari diri kita, kalau kita bisa mengendalikan nafsu yang ada pada diri kita insyaallah maslahahnya lebih besar, apalagi bisa mengendalikan waktu bulan ramadan," imbuhnya.

Di akhir tausiahnya beliau mengingatkan untuk seluruh keluarga besar Kemenag Tuban untuk lebih berhati-hati dalam menghadapi covid-19 walaupun angka kasus corona di Tuban menurun.[hud/sas]

Tag : upz, kemenag, tuban

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more