Peringati Nuzulul Qur'an, UPZ Kemenag Salurkan Sekitar Rp162 Juta Kepada Yatim Duafa

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Memasuki hari ke 17 Ramadan 1442 H, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban menyelenggarakan kegiatan Peringatan Nuzulul Qur'an Tahun 1442 H Kementerian Agama Kabupaten Tuban bertema 'Kebersamaan Dalam Keberagaman'.

Acara yang digelar di aula PLHUT Kemenang tersebut diisi dengan tahtimul qur'an, tausiyah oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tuban, sekaligus santunan untuk anak yatim piatu dan duafa, Kamis (29/04/2021)

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tuban, Sahid, dalam sambutannya mengajak kepada yang hadir baik secara online dan offline untuk meluruskan niat dengan ikhlas dengan membaca Al Qur'an.

"Sebelumnya dilaksanakan tahtimul qur'an dilanjut doa bersama semoga keluarga besar Kemenag Tuban dijauhkan dari balak dan bencana, dan disambung dengan tausiyah oleh Ketua MUI Kabupaten Tuban," terang Kepala Kantor Kemenang Tuban.

Dia menuturkan, pada kesempatan ini UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Kemenag Tuban menyalurkan sekitar Rp162.100.000 kepada yang berhak menerima. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, namun ada yang berbeda karena saat ini dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19.

"Dana tersebut di peroleh dari zakat, infaq dan shadaqah ASN Kemenag Tuban. Untuk itu mohon para penerima mendoakan Kantor Kemenag Tuban agar terus kondusif, para ASN sehat, para ASN di berikan rezeki yang lapang yang barokah," ujarnya.

Sementara itu, Ketua MUI Kabupaten Tuban, KH. Abdul Matin Jawahir, dalam tausiyahnya menerangkan azimah ramadan. Menurutnya, ada 4 tantangan ekstern dan intern.

"Yang ekstern meliputi keduniawian, bisa berupa harta, benda dan kepangkatan, sedang internnya adalah nafsu," jelas beliau.

Pengasuh Pondok Sunan Bejagung ini menambahkan, dalam kitab Minhajul Abidin, yang meluluhkan nafsu itu ada 3 yakni mengurangi makanan karena ibadah, ibadahnya di tambah dan mohon pertolongan kepada Allah berupa doa.

"Sentral kemaksiatan itu bersumber dari diri kita, kalau kita bisa mengendalikan nafsu yang ada pada diri kita insyaallah maslahahnya lebih besar, apalagi bisa mengendalikan waktu bulan ramadan," imbuhnya.

Di akhir tausiahnya beliau mengingatkan untuk seluruh keluarga besar Kemenag Tuban untuk lebih berhati-hati dalam menghadapi covid-19 walaupun angka kasus corona di Tuban menurun.[hud/sas]