TNI dan Warga Kerja Bakti Bangun Jalan Desa dan Musala

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Wilayah desa binaan Kodim 0811 Tuban sebagian besar merupakan lahan pertanian produktif, yang mana warga masyarakatnya mayoritas bermata pencaharian sebagai petani.

Para Babinsa diharapkan dapat berbaur dengan war­ga binaannya dan melaksanakan komunikasi sosial dimasa Covid-19, yakni dengan menyentuh sektor pertanian dan membangkitkan Ketahanan Pangan Nasional, maka perlu ditunjang dengan sarana dan prasarana pendukung seperti infrastruktur jalan yang baik.

Sebagai salah satu hal guna mempermudah akses tranportasi, serta menyentuh dalam renovasi rumah ibadah Musala Ar-Rahman yakni pembuatan tempat wudhu.

Pasi Ter Kodim 0811 Tuban, Kapten Czi Khoiril Anwar memimpin para Babinsa Koramil jajaran Kodim 0811 Tuban melaksanakan Karya Bakti, dengan tema ‘Karya Bakti TNI Pengabdian Untuk Negeri’ guna membantu pengerjaan infrastruktur jalan desa. Untuk mempermudah prasarana tranportasi para petani dalam menjual hasil panennya terlebih dimasa Pandemi Covid-19.

"Pada saat ini kita lihat para Babinsa membantu warga bergotong-royong merambat meratakan tanah dalam pembuatan jalan desa. Usaha ini dilakukan guna memperlancar perjalanan transportasi di Dusun Dukoh dengan Dusun Pasekan sepanjang 200 meter Desa Tasikmadu, yang mana nantinya menghubungkan sebagai jalan pendekat desa di wilayah Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban," ungkap Khoiril Anwar, Sabtu (3/4/2021)

Adapun pelaksanaan Karya Bakti dalam rangka pengerjaan jalan serta renovasi Mushola Ar-Rahman yang dikerjakan oleh prajurit TNI-AD dari Kodim 0811 Tuban dan warga masyarakat setempat.

Tampak hadir Kasdim 0811 Tuban Mayor Arh Teguh Prasetyo Wasis, Pasiter Kodim 0811 Tuban Kapten Czi Khoiril Anwar, Bati Tuud Koramil 0811/02 Palang Pelda Hadi, Pjs. Sekdes (Carik) Karsilan, Babinsa Tasikmadu Serma Susilo, anggota Stafter Kodim 0811 Tuban, anggota Koramil 02 Palang, anggota Koramil 01 tuban, anggota Koramil 03 Semanding, anggota 04 Merakurak, Anggota 15 Jenu, anggota tim relawan, perangkat Desa Tasikmadu dan warga setempat.

Dalam hal ini para Babinsa bersama-sama dengan aparat terkait lainnya dan warga perlu memandang untuk membangkitkan sektor pertanian, agar lebih produktif lagi dan sejalan dengan program pemerintah di bidang ketahanan pangan.

Jalan tersebut juga bisa meningkatkan produktivitas pertanian serta untuk mengangkut hasil pertanian, maupun memudahkan dalam akses perekonomian desa.

Dikesempatan tersebut Kasdim 0811 Tuban Mayor Arh Teguh Prasetyo Wasis secara simbolis meletakkan batu pertama pembuatan tempat wudhu Mushola Ar-Rahman. Pada saat ini, seperti contoh banyak para pekerja yang dirumahkan membuat banyak warga yang pulang ke kampung halamannya, dimana pandemi Covid-19 berdampak yang cukup signifikan.

"Dengan mengajak seluruh kalangan yang ada, para Babinsa diharapkan bersama-sama bahu-membahu dalam pengerjaan infrastruktur jalan desa. Kerja bakti yang dilakukan bersama ini, harapannya kemanunggalan TNI dengan rakyat dapat terjalin dengan baik, seperti slogan ‘Bersama Rakyat TNI Kuat," pungkasnya. [ali/mu]