18:00 . Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H   |   12:00 . Masjid Agung Tuban Tampung 500 Jamaah Salat Idul Fitri   |   07:00 . Cukup Makan Telur 1-2 Butir Sehari, Ini Efeknya Bila Berlebihan!   |   20:00 . Kemenhub Salurkan Paket Sembako Kepada Sopir Angkutan Umum di Tuban   |   19:00 . Dukung Masyarakat di Wilayah Operasinya, EMCL Salurkan 1.320 Sembako   |   18:30 . Live Streaming: Rukyatul Hilal 1 Syawal 1442 H   |   18:00 . Hilal 1 Syawal Tak Terlihat, Puasa Digenapkan 30 Hari   |   17:00 . Sidang Isbat Awal Syawal 1442 H   |   12:00 . TPPI Santuni Anak Yatim dan Berikan Paket Sembako ke Duafa   |   09:00 . Koramil Widang Santuni 1.080 Janda Miskin dan Yatim   |   08:00 . Jelang Idul Fitri, Pesanan Paket Hampers Lebaran Meroket   |   19:00 . Fakta Baru, Ini Cerita Kepala Madrasah yang Jadi Sasaran Pengrusakan   |   15:00 . Dirregident Korlantas Polri Pantau Penyekatan di Perbatasan Jatim-Jateng   |   14:00 . Bantuan Sembako untuk 3.256 KPM di Kecamatan Kerek Dicek Ketat   |   11:00 . Tiga Perusahaan Sektor Pertambangan Selesaikan Aduan THR   |  
Wed, 12 May 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

CDC: Sekolah Daring Mengancam Kesehatan Mental Anak

bloktuban.com | Wednesday, 31 March 2021 07:00

CDC: Sekolah Daring Mengancam Kesehatan Mental Anak

Reporter: -

blokTuban.com - Sudah setahun lebih anak-anak sekolah melakukan kegiatan belajar mengajar melalui daring atau online. Ini dilakukan untuk mengurangi penularan pada anak-anak yang kekebalannya masih rentan.

Tapi di sisi lain, kegiatan belajar secara virtual ini justru memiliki banyak risiko bagi kesehatan mental dan kesejahteraan anak dan orang tua daripada pembelajaran secara langsung.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, hampir 25% dari 1.290 orang tua dengan anak usia 5 hingga 12 tahun melaporkan memburuknya kesehatan mental atau emosional anak mereka.

Para orang tua juga mengatakan bahwa anak mereka cenderung menjadi kurang aktif secara fisik, menghabiskan lebih sedikit waktu di luar bersama teman-temannya.

"Beberapa anak menyerah, beberapa anak kehilangan semangat. Beberapa anak tidak lagi memiliki kecintaan untuk belajar," kata Stephanie Kokinos, ibu dua anak asal New York City, dilansir CNN.

Kenaldric Rafa Amiruzzaman, siswa kelas 1-B SD Al Falah Darussalam Tropodo, Kabupaten Sidoarjo, saat mengikuti materi belajar daring dari rumahnya, Senin (13/07/2020), Presiden AS Joe Biden telah mendorong pembukaan sekolah kembali selama pandemi dan CDC juga telah merilis panduan tentang bagaimana cara membuka sekolah secara aman selama pembelajaran tatap muka.

Namun, para ahli mengatakan bahwa sekolah tatap muka kembali tidak akan baik untuk kesehatan mental setiap anak.

Misalnya, beberapa anak yang diejek atau diintimidasi di sekolah merasa lebih bebas untuk mengekspresikan diri sendiri di rumah.

Presiden Let Grow dan pendiri gerakan Free-Range Kids, Lenore Skenazy, menyarankan bagi orang tua untuk memikirkan kembali masa kecil mereka sendiri dan merencanakan waktu ekstra yang mungkin dimiliki anak di luar jam belajar.

"Jadi, saya ingin orang tua merasa nyaman dengan 'waktu luang' di tahun yang aneh ini, dan mengenali pertumbuhan yang dialami anak-anak mereka, bahkan ketika bagian pembelajaran jarak jauh tidak berjalan sebaik itu," tandasnya.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan, anak

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more