Bermula dari Hobi, Pemuda ini Kembangkan Bisnis Photowood

Reporter: Nur Malinda Ulfa

blokTuban.com – Memiliki hobi mengedit foto, membuat Mochammad Ansor (25), berinisiatif untuk mengaplikasikan hasil editing di media yang Unik dan jarang ditemui, agar jadi peluang usaha. 

“Berawal, dari hobi edit foto lewat handphone, kemudian saya berinisiatif untuk mengaplikasikan hasil editing di media yang unik dan jarang ditemui, dan kayu adalah medianya,” tuturnya.

Ansor mengaku, modal awal bisnisnya hanya Rp50.000, dimulai pada tahun 2019, saat masih menjadi mahasiswa di IAINU Tuban. Tujuannya ingin memperkenalkan ke berbagai kalangan masyarakat, dengan harga murah dan mengangkat unsur kayu sebagai simbol alam.

Saat memulai bisnisnya, Ansor mengalami banyak kendala. Misal modal dan proses produksinya, banyak teman dan saudara yang meniru, serta lokasi yg masih susah dijangkau oleh customer, sehingga baru bisa melayani lewat ekspedisi dan cash on delivery (COD) di tempat yg telah disepakati oleh customer.

"Untuk saat ini kami melakukan pemasaran lewat online dan media sosial , seperti whatsApp, Instagram, facebook, dan juga kami bisa menampung reseller dengan harga khusus sehingga, menarik bagi yang belum berpenghasilan maupun yang sudah berpenghasilan untuk bisa bergabung bersama kami,” ungkapnya.

Dia berharap peluang usaha di bidang kreasi dan marketing online semakin digencarkan dan dikampanyekan di masyarakat umum oleh para relawan agar bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat. "Pesan saya kalau mau usaha, bisa dimulai dari hal sekecil apapun baik itu hobi meski dengan modal yang kecil," ujarnya.[ulf/col]