BI : Peluang Kerjasama Perbankan di Sektor Wisata Terbuka Lebar

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com – Bank Indonesia (BI) menjelaskan bahwa peluang kerjasama perbankan dengan sektor wisata terbuka lebar. Salah satunya dilakukan Bank Jatim dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Desa Socorejo, Kecamatan Jenu di Pantai Semilir.

 Akhir pekan lalu, bersama jajaran Bank Jatim, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah melihat kawasan pantai tersebut. Ia kaget karena di Kabupaten Tuban ada kawasan pantai yang dikelola dengan baik.

 “Di Indonesia sangat banyak pantai, akan tetapi yang dikelola dengan baik tidak banyak. Saya angkat topi dengan skema pengelolaan Pantai Semilir dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa)nya," ujar Difi kepada reporter blokTuban.com.

Rencana ke depan, BI akan melihat lagi kerjasama sama apa yang bisa dilakukan di kawasan pantai ini. Ia sangat ingin Pantai Semilir menjadi primadona wisata di Kabupaten Tuban.

Sesuai nama pantai tersebut, BI dan Bank Jatim merasakan keselarasan antara nama pantai di Jenu itu dengan anginnya. Kebersihannya pun terjaga dan pengunjungnya juga rileks, makannya enak, serta berada di kawasan potensial di jalur pantura.

Selama ini fokus dukungan perbankan masih banyak ke batik tenun. Untuk wisata yang lainnya masih proses, karena peluang bank masuk pariwisata cukup besar.

"Pantai ini harus tetap dikelola dengan profesional dan mengusung konsep pemberdayaan masyarakat. Kalau wisata pantai ini maju tentu ekonomi warga bisa bertambah. Masyarakat juga harus ikut mempromosikan wisata Semilir baik melalui media sosial dan youtube," imbuh Difi.

Di tempat yang sama, Pemimpin Bank Jatim Cabang Tuban, R. Deni Mahendra menambahkan, Bank Jatim telah bekerjasama dan memberi kredit di BUMDesa Socorejo, Kecamatan Jenu. Kredit tersebut untuk membantu memperlancar kegiatan BUMDesa.

Ia melihat kawasan pantai Desa Socorejo punya potensi besar untuk dikembangkan, dengan daya tariknya dekat dengan pelabuhan semen. Di pantai utara Jawa terbilang jarang ada view menarik serupa.

"Kami harapkan terus bersinergi dengan pariwisata di Tuban khususnya Pantai Semilir," pungkasnya. [ali /ono]