19:00 . Perangkat Desa dan Warga Jetak Antusias Ikuti Pelatihan Membatik   |   18:00 . Kemendag Jamin Ketersediaan Beras Selama Tahun 2021   |   16:00 . Katrol PAD Dari Reklame, Satpol PP Tuban Dorong Pemilik Untuk Urus Ijin   |   15:00 . Kejurprov Kickboxing Jatim 2021, Tuban Raih 3 Emas Dan 2 Perunggu   |   14:00 . SATPOL PP Tuban Tertibkan Reklame & Baliho Liar   |   10:00 . Satpol PP Tuban Tertibkan Reklame Tak Berizin   |   09:00 . Ajarkan Cintai Bumi, Sobat Bumi USB Gelar Edukasi dan Aksi Tanam Pohon   |   08:00 . Pengin Tahu ? Ini Tujuh Hal yang Mendorong Produk Lokal Berkembang di Era Digital   |   07:00 . Tingkatkan Kesehatan Tubuh dan Mental, Konsumsi 5 Makanan Ini!   |   17:00 . Berikut Tujuh Hal yang Dorong Produk Lokal Berkembang di Era Digital   |   15:00 . Polisi Selidiki Maling Kotak Amal di Masjid yang Terekam CCTV   |   14:00 . Cara Cepat Raih Keuntungan Lebih Banyak dalam Pembibitan Ikan Lele   |   13:00 . Hadir di Wisuda Sarjana IAINU Tuban, Begini Pesan Gus Reza   |   12:00 . Ulang Tahun blokTuban.com ke-6, CEO BMG Resmi Launching Tuban Digital Forum   |   11:00 . Visi Misi Bupati Tuban Halindra Berjalan, Petani Kolonial Mulai Produksi Pupuk Sendiri   |  
Thu, 02 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Dorong UMKM, Diskoperindag Kabupaten Tuban Adakan Pelatihan wirausaha Baru

bloktuban.com | Tuesday, 16 March 2021 15:00

Dorong UMKM, Diskoperindag Kabupaten Tuban Adakan Pelatihan wirausaha Baru

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Geliat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), selama pandemi Covid-19 keberadaannya semakin menjamur bak musim hujan. Hal ini menjadi ujung tombak perekonomian saat ini. Meski begitu masih banyak yang perlu ditingkatkan, baik dari pemasaran, mutu kualitas, serta daya saing produk masing-masing.

Maka dari itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) terus mendorong pelaku UMKM agar mampu meningkatkan mutu dan daya saing produk yang dihasilkan, serta pemasaran produk di masyarakat maupun dunia online digital.

"Saat ini di era digital, pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi yang berkembang untuk mempromosikan produknya secara online melalui beberapa fasilitas dunia digital," kara Dwi Adyatama Nugraha, Kasi Pemberdayaan dan Pengembangan UMKM saat membuka kegiatan pelatihan kewirausahaan di Desa Pekuwon, Kecamatan Rengel, Selasa (16/3/2021).

Lelaki yang akrab disapa Nuke itu berharap, dengan adanya pelatihan wirausaha baru nantinya akan mampu memunculkan banyak potensi para wirausaha, serta memunculkan produk-produk unggulan di Kabupaten Tuban.

"Pekuwon ini memiliki potensi alam luar biasa dengan adanya lahan pertanian yang dimanfaatkan untuk pengelolaan sawo, diharapkan nantinya akan muncul produk-produk olahan dari bahan sawo dan nantinya bisa meningkatkan perekonomian di masyarakat maupun pemasukan aset desa," lengkapnya.

Dengan pelatihan ini, pihaknya ingin mendorong para pelaku usaha untuk terus meningkatkan daya saing khususnya pelaku UMKM pada sektor pangan. Seperti pelaku UMKM olahan makanan dan minuman supaya tetap eksis.

Mengingat lagi, pada situasi saat ini para pelaku UMKM didorong untuk meningkatkan skillnya seperti kemasan produk, pemasaran digital, dan mendorong pelaku UMKM memiliki jiwa kewirausahaan yang tangguh.

“Tiga hal tersebut penting untuk dilakukan sehingga para pelaku bisa tetap eksis dan bisa melaksanakan kelangsungan usaha-usahanya,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Pekuwon, Aksin mengucapkan terimakasih Kepada pihak Diskoperindag Kabupaten Tuban yang sudah berkenan melaksanakan kegiatan pelatihan wirausaha baru di Desa Pekuwon.

Kades juga mengatakan bahwa saat ini Desa Pekuwon memiliki aset luar biasa, dengan adanya sekitar 6 sampai 8 hektar lahan yang ditanami buah sawo dan setiap tahunnya bisa berhasil memanen. Selanjutnya pemasaran disalurkan ke pasar Rengel, juga pasaran dunia digital.

"Adanya pelatihan kewirausahaan baru di Desa Pekuwon nantinya bisa mengembangkan sayap kewirausahaan dari olahan sawo menjadi beberapa produk baru yang nantinya bisa di kembangkan oleh para ibu PKK," paparnya.

Pelatihan kewirausahaan baru ini diikuti oleh peserta dari PKK, Persit maupun Bhayangkari yang tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. [feb/sas]

Tag : pekuwon, umkm, tuban, rengel



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more