Harga Mahal, Petani Jaga Cabai dari Pencuri

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Harga cabai di Kabupaten Tuban masih mahal lebih dari Rp100.000 per kilogram (Kg). Untuk mengantisipasi adanya pencuri, sejumlah petani melakukan jaga cabai di kebunnya pada Kamis (11/3/2021) malam.

Salah satu petani cabai yang berjaga adalah Basino (45) asal Dusun Boro Kembang, Desa Grabagan, Kecamatan Grabagan. Ia patroli di kebunnya bersama dua tetangganya.

Cabai milik Basino akan dipanen 15 hari lagi. Kebun seluas 1/4 hektare miliknya diperkirakan akan menghasilkan cabai sebanyak satu kwintal.

"Jaga malam akan kami lakukan sampai panen. Tujuannya antisipasi pencuri cabai," ujar Basino kepada reporter blokTuban.com di kebunnya.

Ia dan dua temannya berangkat dari rumah ke kebun mulai pukul 20.00 Wib sampai pukul 04.00 Wib. Adapun jarak antar rumah dan kebunnya kurang lebih satu kilogram.

Dengan bekal lampu sorot atau senter dan sarung, pemilik cabai mengelilingi kebunnya. Sudut-sudut kebun dipantau dari kejauhan dengan senternya. Tak lupa, Basino juga membawa sebuah pentungan sebagai alat pertahanan diri jika ada ancaman.

"Kalau hujan kami berteduh di gubuk. Supaya tidak digigit nyamuk membuat perapian, sekaligus untuk menghangatkan tubuh," imbuhnya.

Senada denga Tari (48), teman Basino. Ia mengatakan di Desa Grabagan setiap satu hektarnya bisa memproduksi lima kwintal cabai.

"Semoga saat panen nanti harga masih mahal," sambungnya.

Ia menceritakan sepanjang harga cabai di Tuban mahal, kali ini belum terdengar adanya pencurian. Berbeda dengan tahun 2019 lalu, pencurian cabai di kebun marak karena waktu itu harganya juga selangit.

Pencuri melakukan aksinya tidak memetik cabai, akan tetapi langsung diambil dengan pohonnya. Cara itulah yang membuat petani cabai di Grabagan geram, akhirya tahun ini diberlakukan jaga malam.

Di laman Siskaperbapo, harga cabai per tanggal 11 Maret 2021 rata-rata di Jawa Timur tingkat konsumen di semua pasar untuk cabai rawit Rp105.680 per Kg, cabai keriting Rp47.861 per Kg dan cabai biasa Rp36.894 per Kg.

Di Kabupaten Tuban rata-rata harga tingkat konsumen di semua pasar tradisional, untuk cabai rawit Rp108.333 per Kg, cabai keriting Rp48.667, dan harga cabai biasa Rp44.000 per Kg. Harga cabai di Kabupaten Tuban terbilang lebih tinggi dibanding dengan rata-rata di Jatim. [ali/ono]