Lomba Panen Raya, Camat Harap Bisa Jadi Inovasi Semua Desa

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Jetak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban menggelar lomba panen raya dengan hadiah jutaan rupiah bagi para pemenangnya.

Lomba panen raya kali pertama tersebut digelar dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui hasil panen yang maksimal, serta untuk menambah greget para petani dalam berbenah menerapkan pola tanam.

Terkait dengan kegiatan itu, Camat Montong Suwoto mengapresiasi inovasi Pemdes Jetak yang menggelar lomba panen raya. Dia berharap desa yang lain bisa menggelar kegiatan serupa.

"Alhamdulillah desa jetak telah melaksanakan lomba ini dan saya mengapresiasi semoga lomba ini digelar setiap tahun dan desa-desa lainya bisa melaksanakan kegiatan seperti ini," terang Camat Montong didampingi Kepala Desa Jetak, Zakky Mubarrok Aly.

Lebih lanjut, Pemerintah Kecamatan Montong juga berencana akan menggelar kegiatan serupa. Sebab, sebelumnya memang pemerintah kecamatan telah melaksanakannya untuk kemudian pemenang menjadi perwakilan di lomba tingkat kabupaten.

"Inovasi seperti ini sangat bagus, sebab selain memberikan motivasi kepada para petani juga menjadi bahan evaluasi agar produk pertanian bisa meningkat," jelasnya.

Sementara itu, Ketua panitia lomba panen raya, Miftahul Huda menyampaikan perlombaan panen raya ini diikuti sebanyak 22 peserta. Tujuannya sendiri untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui hasil panen yang maksimal.

"Tujuan kita adalah untuk menambah greget para petani, sehingga tahun yang akan datang para petani bisa berbenah pola tanamnya. Dengan begitu para petani bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal," ujar Huda, Rabu (10/3/2021).

Menurutnya, untuk hasil panen para petani di Desa Jetak, Kecamatan Montong ini sudah cukup maksimal dengan rata-rata perolehan hasil panen sekitar 8 ton gabah kering panen per hektar.[hud/sas]