Islam di Tuban Belum Bisa Disebut Setua Gresik

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com – Pemerintah Kabupaten Tuban menjalin kerjasama dengan penulis tim dari Fakultas Dakwah UIN Sunan Ampel Surabaya, dalam penerbitan buku Tuban Bumi Wali The Spirit of Harmoni.  

Ketua Tim Penulis Prof Nur  Syam mengatakan, draf buku yang secara simbolis diberikan kepada Bupati Tuban sebagai tanda buku tersebut telah rampung. Ia dan timnya membutuhkan waktu tiga setengah bulan untuk melakukan riset. Bahkan sempat meminta waktu seminggu untuk melakukan perbaikan berdasarkan masukan dari bedah buku yang dilakukan sebelumnya.

“Saya sampaikan terimaksih atas kerjasama dengan tim, serta menyampaikan bahwa agama Islam Kabupaten Tuban sama tuanya dengan agama Islam di Kabupaten Gresik,” ujar Nur Syam.

Ia berharap besar buku Tuban Bumi Wali the spirit of harmoni siap untuk di cetak. Sebenarnya ia dan timnya sangat berani menyampaikan bahwa islam di Tuban setua dengan islam di Gresik, namun sayangnya artefak tidak memenuhi.

"Semoga lanjutan penelitian ini menemukan atau meyakini bahwa islam di tuban sama dengan islam di Gresik” harapnya

Dalam isi buku, akan menjelaskan 73 wali yang berhasil dilacak dari 193 wali dalam penelitian yang dilakukan selama tiga bulan. Selaian itu juga menjelaskan penyebaran agama islam di Kabupaten Tuban yang sama tuanya dengan di Gresik.

Bupati Tuban, Fathul Huda juga bercerita tentang kerja sama antara Pemkab Tuban dengan universitas di Indonesia, dari semua kerja sama yang dilakukan kebanyakan hanya formalitas saja atau tidak memiliki hasil untuk kemajuan Kabupaten Tuban, akan tetapi kali ini berbeda.

“Saya bertanya apa esensi kerjasama antara fakultas atau universitas dengan Pemkab, selama saya menjabat itu semua kebanyakan formalitas. Semoga buku ini dapat dikembangkan lagi walapun saya tidak menjabat lagi,” ujar Bupati Huda.

Untuk diketahui, tim penulis melakukan presentasi dihadapan Bupati Tuban H Fathul Huda, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein, beserta pejabat di lingkungan Pemkab Tuban di Pendopo Pringgitan Komplek Rumah Dinas Bupati, Rabu (10/03) kemarin. [ali/sas]