18:00 . Kopdar Komunitas di Jatirogo Dibubarkan Polisi dengan Alasan Prokes   |   16:00 . Menikmati Kelapa Muda Sambil Liburan di Pantai Tuban   |   14:00 . Saat Ini Okupansi Hotel di Tuban Turun Dibawah 10 Persen   |   11:00 . Masa Tunggu Haji di Tuban Capai 31 sampai 32 Tahun   |   09:00 . Satgas Waspadai Mutasi Corona dari Pekerja Migran   |   07:00 . Tips Memperbaiki Kesehatan Keuangan Pasca Lebaran   |   16:00 . ASN dalam Menyikapi Larangan Mudik di Masa Pandemi Covid-19   |   15:00 . Kapolres dan Dandim Tuban Pastikan Penerapan Prokes di Lokasi Wisata   |   12:00 . Unik, Tiang Masjid Setinggi 27 Meter Berdiri Tanpa Alat Berat   |   09:00 . Penyekatan Arus Balik Dimulai, Puluhan Kendaraan Diputarbalikkan   |   08:00 . Pesan Hoax Ledakan Corona Menyebar hingga Tingkat RT   |   07:00 . Menjaga Kesehatan di Hari Idul Fitri di Masa Pandemi Covid-19   |   14:00 . Tak Segera Diperbaiki, Jembatan Glendeng Kini Malah Ditutup Total   |   13:00 . Dampak Penyekatan di Tuban, Kasus Harian Corona di Bawah 15   |   12:00 . Walah..!!! Gegara Ini Akses Jembatan Darurat Glendeng Ditutup   |  
Sun, 16 May 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Isi Waktu Luang, Anak-anak di Tambakboyo Dilatih Buat Sabun

bloktuban.com | Monday, 01 March 2021 18:00

Isi Waktu Luang, Anak-anak di Tambakboyo Dilatih Buat Sabun

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Belasan anak-anak di Kecamatan Tambakboyo mendapat pengalaman berharga dalam membuat sabun. Workshop pembuatan sabun dipusatkan di studio Prewangan Desa Sobontoro, Tambakboyo dalam acara "Nggulawentah" tanggal 28 Februari kemarin.

Pengisi latihan tersebut adalah Widhy Roviantika (31), seorang engineer and social worker yang sekarang bekerja di PT. Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) Tuban.

Widhy sapaan akrabnya menceritakan pelatihan tersebut awalnya dilakukan setelah dirinya berkenalan dengan anggota Studio Prewangan. Dia pun mendapat informasi kalau Prewangan sering menggelar workshop untuk membuat teknologi tepat guna dan sederhana, dengan memanfaatkan bahan - bahan yang terjangkau di lingkungan rumah.

"Sampai akhirnya tiba bisa datang ke Sobontoro untuk berbagi cara pembuatan sabun dari benda - benda yang ada sekitar. Di latarbelakangi saat pandemi konsumsi sabun naik, dan anak - anak tidak ada aktivitas persekolahan, alhamdulillah mendapat respon yang antusias dan baik," ungkap Widhy kepada blokTuban.com, Senin (1/3/2021) sore.

Sarjana Teknik ITS itu menambahkan, seperti yang diketahui sabun berasal dari reaksi lemak ditambah basa kuat. Lemak disini menggunakan minyak goreng dan basa menggunakan soda api. Untuk soda api dapat dibeli di toko bangunan.

Sebagai aroma sabun, alumni SMAN 1 Tuban ini menggunakan jeruk nipis yang mempunyai khasiat bisa menghilangkan jerawat dan bunga - bunga yang ada di lingkungan sekitar. Selain itu juga menggunakan kopi, oat, dan madu yang punya manfaat eksfoliasi dan melembutkan kulit.

"Anak - anak sangat antusias dalam mencetak sabun yang akan mereka bawa pulang, jangan lupa menggunakan safety gloves dan safety googles saat membuat sabun," pesan perempuan yang beralamat di Latsari Tuban itu.

Dalam membuat sabun bersama, Widhy mencatat ada 15 anak yang terlibat. Sekitar enam jam sabun sudah kering, akan tetapi bisa digunakan setelah tujuh hari untuk menghilangkan sisa - sisa soda api dan sabun baru siap digunakan.

Sebagai tindak lanjut kedepannya, ia berencana membuat pelatihan kedua di Sobontoro. Pelatihannya membuat sabun dan minyak jelantah sebagai sabun cuci tangan.

"Selain mengisi waktu luang, pelatihan ini juga bisa sebagai ide wirausaha untuk anak - anak dan Ibu-Ibu di lingkungan tersebut," pungkasnya. [ali/col]

 

 

 

Tag : Sabun, pelatihan, anak

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more