15:00 . Bupati Halindra Tantang Atlet Tenis Meja   |   14:00 . PTMSI Gelar Kejuaraan Tenis Meja Porkab VI Tuban   |   13:00 . Nyaris Tertimpa Warung yang Ambruk   |   12:00 . Kades Tegalbang Minta Ada Riset, DLH: Peta Gas Tuban hanya di Sumber Merakurak   |   11:00 . Ketiga Kalinya Gas Keluar dari Galian Sumur Warga Desa Tegalbang   |   10:00 . Lebih Hemat Pakan, Peternak Lele di Tuban Berbagi Trik ke Pemula   |   09:00 . Manfaatkan Tradisi Ritual di Makam Wali untuk Kampanye Vaksinsasi   |   08:00 . Update Corona di Tuban Tambah 3 Kasus Positif Baru   |   07:00 . Benarkah Media Sosial Bikin Empati dan Rasa Tulus Masyarakat Berkurang?   |   21:00 . Langganan Banjir, Ini Kata Perangkat Desa Magersari   |   20:00 . Banjir di Pusat Kota Tuban, Bupati Sebut Sudah Ada Penanganan Konkrit   |   19:00 . Dam Deker Jebol, Puluhan Rumah Warga Simo Terendam Banjir   |   18:00 . Efektif, Kampanye Vaksin Saat Ritual Dawetan Bejagung   |   17:00 . Desa Klutuk Tambakboyo Diterjang Puting Beliung, Bangunan Rumah hingga Warung Hancur   |   16:00 . Surati Gubernur Jatim, Buruh Tuban Tolak Penerapan PP 36 Tahun 2021 di UMK 2022   |  
Sat, 27 November 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Bimtek, Kemenag Ingatkan Madrasah Harus Inovatif dan Berkualitas

bloktuban.com | Monday, 04 January 2021 19:00

Bimtek, Kemenag Ingatkan Madrasah Harus Inovatif dan Berkualitas

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Sahid membuka kegiatan  Bimbingan Teknis (Bimtek) Penerapan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Elektronik Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (E-RKAM) Tim Inti Madrasah (TIM) di Kecamatan Widang, Senin (4/12/2020). 

Kegiatan Bimtek yang dijadwalkan berlangsung selama 5 hari tersebut diikuti oleh 13 madrasah dengan jumlah peserta 78 orang, tiap madrasah mengirimkan 3 orang utusan yakni Kepala Madrasah, Bendahara dan Operator yang dibagi dalam dua rombongan belajar.

Dalam sambutanya, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tuban menyampaikan, Kepala Madrasah harus mempunyai inovasi menjadi interpreneur supaya madrasah bisa berkualitas.

"Mulailah dengan merumuskan EDM sesuai dengan kenyataan untuk berusaha meningkatkan kualitas," ujar Sahid.

Menurutnya, berkaitan dengan E-RKAM dan EDM ada sevanyak 29 indikator yang meliputi 5 aspek, di antaranya yaitu kedisplinan, pengembangan diri pendidik dan tenaga kependidikan, penilaian atas proses pembelajaran, sarpras, dan pembiayaan.

"5 hal budaya mutu perlu dievaluasi dan dirumuskan sesuai visi misi madrasah, jangan hanya copy paste dari madrasah lain karena madrasah mempunyai ciri khas sesuai dengan talenta," imbuhnya.

Di samping itu, pada kesempatan tersebut dia juga memberi semangat yang luar biasa kepada madrasah untuk menjadi madrasah hebat dan bermartabat. Sebab, dalam kenyataan sekarang, rujukan dalam peningkatan mutu ada regulasinya, yakni Permendikbud Nomor 28 Tahun 2016. 

Lebih lanjut, dia berpesan kepada seluruh peserta untuk terus waspada dan menjaga Protokol Kesehatan (Prokes), karena sampai saat ini pembelajaran belum diizinkan untuk tatap muka. Pandemi ini masih ada maka harus preventif serta menerapkan pola hidup harus adabtif.

Sementara itu, dalam kegiatan Bimtek yang menerapkan Prokes tersebut ada 3 orang Narasumber dari tim TIK (Tim Inti Kabupaten) yakni Ulfah Hayati Muzayanah, Ahmad Basyar, Waryono dan 2 orang TIP (Tim Inti Provinsi) yakni Hartini dan Aning Wulandari.[hud/col]

 

Tag : Kemenag, madrasah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more