10:00 . Jatim Ekspor Puluhan Ton Kakap Merah dan Udang Beku ke Dominika dan Jepang   |   09:00 . Harga Emas Antam Kembali Turun Rp5.000 Per Gram, Stok 500 Gram dan 1.000 Gram Tidak Tersedia   |   08:00 . 3 Syarat Agar Taubat Kita Diterima Allah SWT   |   07:00 . Wakili Aspirasi Warga Socorejo, BPD Tegaskan Tak Berniat Ganjal Sengketa Lahan di Pantai Semilir Tuban   |   06:00 . Marak Tossa dan Pick Up di Tuban Ngangkut Anak Sekolah, Polisi Akan Lakukan Ini   |   05:00 . Duh!...313 Anak di Tuban Ajukan Dispensasi Nikah ke PA Sepanjang 2022   |   21:00 . Lirik Lagu High School in Jakarta - NIKI (Nicole Zefanya) Lengkap Terjemah Bahasa Indonesia   |   20:30 . Ratusan Anak Yatim di Tuban Gembira Terima Santunan dari Komite SD BAS   |   20:00 . Jelang Pengukuhan Pagar Nusa Tuban, Kapolres Minta Anggotanya Inventarisir Daerah Rawan   |   19:30 . Muncul Surat BPD di Sengketa Tanah Pantai Semilir Tuban, Ahli Waris Menduga Ada Intervensi   |   19:00 . Jatim Jajaki Ekspor Manggis dan Kakao ke Australia   |   18:30 . Pernyataan Resmi SH Terate Soal Beberapa Kejadian di Tuban   |   18:00 . Tak Bisa Ditawar, Akhir Siaran TV Analog 2 November 2022   |   17:00 . Solar Sulit di Dapat, Nelayan Tuban Isi Libur Melaut dengan Perbaiki Alat Tangkap Ikan   |   16:00 . Derita Sopir Truk dari Gresik ke Tuban: Datangi 5 SPBU Kompak Kehabisan Solar   |  
Fri, 12 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Rawan Bahaya Covid-19 Tertinggi, KPU: Pilkada Tuban Harus Disiplin Prokes

bloktuban.com | Monday, 07 December 2020 20:00

Rawan Bahaya Covid-19 Tertinggi, KPU: Pilkada Tuban Harus Disiplin Prokes

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI merilis indeks tingkat kerawanan bahaya wabah Covid-19 diseluruh Kabupaten/Kota se-Indonesia yang akan menggelar pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Dari seluruh Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pilkada pada 9 Desember nanti, Kabupaten Tuban, Jawa Timur masuk dalam daftar 10 Kabupaten/Kota yang memiliki kategori tingkat kerawanan tertinggi bahaya wabah Covid-19.

Adapun salah satu kerawanan yang dipetakan yaitu menyangkut situasi pandemi Covid-19 di daerah terkait.

Ada tiga indikator kerawanan pandemi, yakni dari aspek penyelenggara pemilihan. Hal ini meliputi jumlah orang yang positif Covid-19, meninggal dunia karena Covid-19, mengundurkan diri, dan melanggar Protokol Kesehatan (Prokes).

Indikator ketiga ialah kondisi daerah, mencakup aspek perubahan status wilayah, lonjakan jumlah orang positif Covid-19, lonjakan pasien meninggal dunia, dan keterbatasan fasilitas kesehatan.

Dikutip dari Tempo.co, Anggota Bawaslu M. Afifuddin mengatakan pandemi Covid-19 memperparah tingkat kerawanan Pilkada 2020. "Peningkatan kerawanan terjadi karena minimnya kepedulian para pihak terhadap pelaksanaan protokol kesehatan dan kepatuhan pelaksanaan perundang-undangan," kata Afif.

Terkait hal itu, Komisioner KPU Kabupaten Tuban Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas Zakiyatul Munawaroh menyampaikan, dengan indeks tingkat kerawanan bahaya Covid-19 Kabupaten Tuban masuk dalam daftar 10 tertinggi. Maka, penerapan Prokes harus dilakukan dengan disiplin.

"Penerapan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan utamanya besuk saat 9 desember harus dilakukan secara disiplin baik oleh pemilih, penyelenggara, peserta dan tim kampanye," terang Zakiya.

Dia menambahkan, selama ini sosialisasi-sosialisasi terus dilakukan baik ditingkat KPU, PPK, PPS hingga KPPS. Hal itu bertujuan agar partisipasi pemilih pada pilkada serentak tinggi.

"Sosialisasi untuk mengajak masyarakat datang ke TPS sudah kami lakukan. Selain itu ada juga relawan demokrasi, kpu, ppk, pps, kpps yang memasifkan media sosial untuk menyampaikan informasi tentang Pilkada Tuban dan hal-hal yang KPU siapkan saat di TPS dalam masa pandemi Covid-19," pungkas Zakiya.[hud/lis]

Sebatas diketahui, berikut daftar 10 Kabupaten/Kota yang menggelar pilkada serentak dengan tingkat kerawanan tertinggi dari aspek bahaya wabah corona yang di rilis Bawaslu RI.

1. Kabupaten Teluk Wondama

2. Kabupaten Agam

3. Kabupaten Natuna

4. Kabupaten Purworejo

5. Kabupaten Kotawaringin Timur

6. Kabupaten Morowali Utara

7. Kota Semarang

8. Kabupaten Tuban

9. Kabupaten Tasikmalaya

10. Kabupaten Purbalingga

 

Tag : Provinsi, pilkada, covid



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat