17:00 . Jatim Series Jember Jadi Evaluasi Rider ISSI Tuban Sebelum Porprov 2022   |   17:00 . Suzuki Baleno Kecelakaan Karambol Libatkan Dua Truk   |   16:00 . Jembatan Glendeng Resmi Ditutup, Pemotor Pilih Jalan Alternatif   |   15:00 . Jokowi Serukan Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri di Peluncuran Gernas BBI   |   14:00 . Hanya 2 Jam, 134 Anak di Tuban Selesai Dikhitan Massal   |   13:00 . PKL Taman Sleko Tuban Diminta Tak Ganggu Pengguna Jalan   |   12:00 . Ketakutan Warga Gesikharjo Sandarkan Kapalnya Dekat Makam Asmoroqondi   |   11:00 . Perbaikannya Habiskan APBD Milyaran Rupiah, Ternyata Ini 3 Alasan Penutupan Jembatan Glendeng Tuban   |   10:00 . Tahun 2022, Pemerintah Targetkan 1 Kematian per 1000 Jemaah Haji   |   09:00 . Wajib Tahu! 3 Aturan Baru Penulisan Nama Pada Dokumen Kependudukan   |   08:00 . Kesadaran Masyarakat Tentang Kesehatan Mulut dan Gigi Rendah, Dokter: Banyak Penyakit Mengintai!   |   17:00 . Pedagang Dari Luar Kota Turut Padati Gerbang Makam   |   16:00 . 2.620 Orang Ikuti Pawai Tarauf Haul Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi   |   15:00 . PMK Sudah Masuk Tuban, Sampelnya Puluhan Sapi di Desa Wolutengah Kerek   |   14:00 . Usia 19 Tahun Pandai Berbisnis, Pemuda Plumpang Raup Cuan Jutaan Rupiah Setiap Bulan   |  
Sat, 21 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kultur Anti Suap di SKK Migas Melalui SMAP

bloktuban.com | Tuesday, 24 November 2020 11:00

Kultur Anti Suap di SKK Migas Melalui SMAP

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Satuan kerja khusus pelaksana kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi (SKK Migas) Jabanusa memiliki kultur anti suap. Ditandai dengan SKK Migas menerima sertifikat SNI ISO 37001:2016 SMAP pada 26 Oktober 2018.

Latar belakang penerapan SMAP atau Sistem Manajemen Anti Penyuapan karena skore IPK Indonesia masih rendah yakni 37/100, tipikor paling banyak suap dan terbitnya Peraturan MA No. 13/2016 dan Inpres No. 10/2016.

Nurwahidi selaku Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa menyampaikan dalam Webinar Jurnalistik SKK Migas-KKKS Jabanusa pada Selasa (24/11/2020), bahwa tujuan ikut program SMAP untuk fokus tugas utama, mempercepat deteksi, respon dan cegah suap, serta kultur anti suap.

"Dalam webinar ini kami SKK Migas ingin menyosialisasikan SMAP kepada teman-teman media. Di awal tahun telah diagendakan untuk kegiatan outdor tapi ada pandemi, sehingga dialihkan ke virtual," ucap Nurwahidi.

SKK Migas sendiri memiliki visi diantaranya menjadi mitra yang proaktif dan terpercaya. Didukung dengan misi salah satunya melalukan pengawasan dan pengendalian terhadap KKKS.

Dari visi misi tersebut, ada beberapa goal yang harus dicapai yaitu meningkatkan cadangan dan sumber migas, mengoptimalkan produksi, mengendalikan cost recovery, dan meningkatkan tata kelola.

Dalam operasinya, SKK Migas juga memiliki pedoman etika berisi etika kelembagaan dan etika perilaku kerja. Dalam etika kelembagaan SKK Migas memiliki standart perilaku dalam berinteraksi dengan stakeholder.

"Mereka adalah pemerintah, KKKS, penyedia barang dan jasa, masyarakat dan media," imbuhnya.

Terhadap pemerintah, SKK Migas menjaga hubungan agar tetap harmonis, komunikatif, jelas, dan akurat. Untuk KKKS diminta untuk patuh PSC peraturan, bekerja secara akurat, perlakuan sama dan tidak mengambil keuntungan pribadi.

Patuh terhadap peraturan juga berlaku bagi penyedia barang dan jasa. Selain itu, mendapat perlakuan sama, menolak pemberian apapun, menjaga kerahasiaan data kecuali untuk publikasi dan tidak menyalahgunakan wewenang.

"Kepada masyarakat, SKK Migas saling menghormati, komunikatif dan bekerjasama. Begitupula untuk media, selalu berusaha informatif, tidak memberi suap, menerima dan menindaklanjuti kritik," tambahnya.

Terakhir perihal etika perilaku kerja, Nurwahidi menjelaskan standar perilaku kerja berinteraksi antara manajemen maupun sesama pegawai SKK Migas. Yang wajib dilakukan yaitu bersikap adil, saling menghormati, menjaga perilaku, produktif, komunikasi terbuka, dan kebebasan berpendapat.

"Yang tidak boleh dilakukan yaitu melakukan intimidasi, provokasi, penghinaan, pelecehan, perselingkuhan, kekerasan, persaingan yang tidak sehat dan fitnah," tandasnya. [ali/rom]

Tag : skk migas, anti suap, migas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more