07:00 . Dear Parents, Ini Lima Langkah Mendidik Anak Cerdas dan Sukses di Masa Depan   |   17:00 . Puskemas Targetkan Vaksinasi AstraZeneca di Kecamatan Soko 70%   |   16:00 . Teken MoU Dengan Sejumlah Instansi, Bupati Resmikan Operasi MPP Tuban   |   15:00 . Ratusan Warga Desa Rahayu Divaksin Astra Zenica   |   14:00 . Cukup 1 Jam Bikin Hidupmu Adaptif dan Produktif   |   13:00 . Pertamina Terminal LPG Bantu Ambulance dan Bangun Masjid di Jenu   |   12:00 . Pembantu Pasien Covid-19 Varian India Pulang ke-Singgahan Dalam Keadaan Sakit   |   07:00 . Akibat Tertutup Masker, Anak-Anak Kesulitan Membaca Emosi   |   19:00 . Warga Bersama TNI Koramil Bangilan Kerja Bakti Perbaiki Saluran Air   |   18:00 . Meski Pandemi, Antusias Perajin Uleg-Uleg di Kendalrejo Tetap Tinggi   |   15:00 . Google News Initiative - AMSI Berikan Pelatihan untuk Media Siber Skala Kecil dan Menengah   |   14:00 . Terjaring Operasi Balap Liar, Seorang Ibu Marahi Anaknya di Kantor Polisi   |   13:00 . Motor Balap Liar Dibongkar di Polres, Harus Keadaan Standar Baru Boleh Keluar   |   09:00 . Jelang Peringatan HANI 2021, BNNK Tuban Canangkan Desa Socorejo Sebagai Desa Bersinar   |   07:00 . Waspada Kecanduan Gadget, 40 Persen Anak Habiskan 30 Jam Main HP dalam Seminggu   |  
Thu, 17 June 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

CSR Kilang Tuban Cakup Penghijauan, Asuransi Nelayan dan Fasilitas Ibadah

bloktuban.com | Monday, 23 November 2020 17:00

CSR Kilang Tuban Cakup Penghijauan, Asuransi Nelayan dan Fasilitas Ibadah

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebagai perusahaan energi nasional, PT Pertamina berkomitmen untuk senantiasa memprioritaskan keseimbangan dan kelestarian alam, lingkungan dan masyarakat.

Selaras dengan hal tersebut, Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical Kilang Pertamina Internasional melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama Corporate Social Responsibility (CSR) Proyek NGRR Tuban, diantaranya terkait dengan penghijauan, asuransi nelayan mandiri, dan peningkatan fasilitas masjid dan musala di Desa Kaliuntu, Mentoso, dan Beji, Kecamatan Jenu, Senin (23/11/2020).

Penandatanganan yang dilakukan di di Pendopo Krido Manunggal Tuban ini, disaksikan Bupati Tuban, Fathul Huda, Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein, Sekda Tuban, Budi Wiyana.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban, Fathul Huda menyampaikan berbagai program CSR Pertamina harus dilaporkan ke Pemkab Tuban agar dapat dipantau pelaksanaannya. Evaluasi terhadap jalannya program dapat terus dievaluasi sesuai program Pemkab Tuban dan kebutuhan masyarakat. Sehingga bukan sebatas kegiatan ceremonial tapi juga membawa output bagi masyarakat.

“Diantaranya pembangunan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), pengentasan kemiskinan, terciptanya lapangan kerja, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, program CSR tidak hanya berfokus pada infrastruktur melainkan juga mencakup pendidikan, sosial, ekonomi masyarakat. Program CSR yang lintas sektoral akan mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat secara merata.

Bupati Tuban menekankan pemberdayaan masyarakat nelayan juga mencakup keluarganya. Pada pelaksanaannya, tidak hanya memberi bantuan semata. Lebih dari itu, mampu mengantarkan keluarga nelayan keluar dari lingkaran kemiskinan dan peningkatan ekonomi. Sedangkan program penghijauan akan menghapus citra negatif pembangunan industri yang merusak lingkungan.

“Progam CSR yang berorientasi terhadap dampak positif masyarakat membawa kemajuan operasional pembangunan kilang minyak Pertamina,” sambungnya.

Bupati juga memberikan apresiasi atas kepedulian Pertamina dalam mendukung program pembangunan di Kabupaten Tuban.

Sementara itu, Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical Kilang Pertamina Internasional, Ifky Sukarya mengatakan program CSR ditujukan untuk memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat dan pelestarian lingkungan terutama dalam pembentukan wawasan masyarakat untuk melestarikan lingkungan sekitar.

Selain sebagai proyek strategis nasional, keberadaan kilang minyak NGRR Tuban diharapkan mendukung pemberdayaan dan kemandirian masyarakat.

“Program ini sejalan dengan program Pemkab Tuban untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mencakup pendidikan, lingkungan, kesehatan, social, maupun ekonomi,” katanya.

Ifky Sukarya menekankan program CSR didasarkan pada kebutuhan masyarakat dan disusun dalam bentuk roadmap dan timeline pelaksanaan.

“Kami berkomitmen melakukan masyarakat mulai dari embrio hingga pemasarannya,” katanya.

Ditempat yang sama, President Director PT Pertamina Rosneft Pengolahan & Petrokimia, Kadek Ambara Jaya menerangkan Kabupaten Tuban dipilih menjadi lokasi pembangunan kilang minyak sejak tahun 2018.

Dalam prosesnya terjadi dinamika yang kian mendewasakan Pertamina. Tidak hanya itu, Pertamina berbaur dengan masyarakat untuk mendengarkan aspirasi dan masukan.

“Pada tahap awal pembangunan kilang, Pertamina menggulirkan program padat karya dengan melibatkan masyarakat untuk restorasi lahan,” terangnya.

Terkait dengan pembebasan dan pembayaran lahan, Kadek mengatakan Pertamina telah membayarkan 2,5 triliun dari total 2,8 triliun rupiah. Hadirnya NGRR Tuban akan menjadikan Kabupaten Tuban sebagai daerah terlengkap pengelolaan minyak. NGRR Tuban mampu memproduksi kurang lebih 300 ribu barel minyak dan materi petrochemical mencapai 306 kilo ton per tahun.

“Ini merupakan potensi yang luar biasa,” imbuhnya.

Kadek Ambara menambahkan kepedulian Pertamina juga ditujukan kepada nelayan di 3 desa. Pertamina menyelenggarakan sosialisasi berkaitan program CSR yang diikuti 800 nelayan. Mereka diberikan pemahaman tentang asuransi jiwa dan kecelakaan. Kedepannya, juga akan dikembangkan budidaya ikan dan tambak dengan melibatkan warga sekitar kilang, utamanya keluarga nelayan.

Hadir pula pada kegiatan ini, jajaran petinggi NGRR, perwakilan PT Asuransi Jasa Indonesia Surabaya dan Tuban, pimpinan OPD, Camat Jenu serta Kepala Desa Beji, Mentoso dan Kaliuntu, pengurus takmir masjid dan musala. [ali/ito]

Tag : csr, tuban, kilang

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more