09:00 . Stabil, Harga Emas Cetakan Antam dan UBS di Pegadaian, Senin 15 Agustus 2022   |   08:00 . Hukum Menyemir Rambut di Ajaran Islam, Ini Pendapat Ulama   |   07:00 . Prakiraan Cuaca Tuban Hari ini, Senin 15 Agustus 2022   |   06:00 . Selain Marning, Warga Desa Jlodro Tuban Mulai Olah Jagung Menjadi Nugget   |   05:00 . Dear Warga Tuban, Manfaatkan Konsultasi Hukum Gratis di Ruang CFD   |   18:00 . Besok 2.500 Buruh Metal Tuban Demo di 4 Lokasi Ini, Simak Tuntutan dan Rutenya   |   17:00 . Cantiknya Kue Siwalan Crunchy Puff Tuban, Cocok Dijadikan Oleh-oleh saat Liburan   |   16:00 . Keren! Di Tangan Siswa SMKN 3 Tuban, Buah Siwalan Jadi Kue Beraneka Rasa   |   15:00 . Hujan Masih Turun di Bulan Agustus 2022, Ini Kata BMKG Tuban   |   14:00 . Pertunjukan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Tuban pada Pengukuhan Anggota Baru   |   13:00 . 1.548 Anggota Pagar Nusa Tuban Dikukuhkan, Dihadiri Tokoh Penting dari Kiai hingga Aparat Penegak Hukum   |   12:00 . 5 Pasangan Mesum Bukan Suami Istri di Tuban Terjaring Operasi Cipta Kondisi, Beberapa Berstatus Mahasiswa   |   11:00 . 490 Personel Polisi Diturunkan pada Pengukuhan Anggota Pagar Nusa Tuban, Penggembira Dilarang Konvoi   |   10:00 . Dua Zodiak Pemilik Bulan Agustus Alami Keberuntungan Bidang Karir   |   09:00 . Lirik dan Chord Gitar Disana Menanti Disini Menunggu - Maulana Ardiansyah (Live Ska Reggae) | Trending Youtube   |  
Mon, 15 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ekspedisi Buat 25 Jalur Panjat, Mahipal Buka Peluang Wisata

bloktuban.com | Wednesday, 21 October 2020 17:00

Ekspedisi Buat 25 Jalur Panjat, Mahipal Buka Peluang Wisata

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Mahasiswa Pecinta Alam (Mahipal) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Kabupaten Tuban menggelar ekspedisi pembuatan 25 jalur panjat tebing di wilayah Watu Ondo Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding.

Ekspedisi yang mengangkat tema "Wonderful of Tuban" dimulai awal Oktober dan berakhir bulan Desember 2020. Pelaksanaannya setiap Sabtu dan Minggu atau libur kuliah.

"Tujuan ekspedisi ini untuk meningkatkan kualitas SDM dan profesionalitas anggota Mahipal. Sekaligus meningkatkan kecintaan terhadap kelestarian lingkungan dan membuka wahana wisata minat khusus bidang panjat, sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi warga sekitar tebing," ucap Adila Ismi Alfatihiyah, Ketua Umum Mahipal, Rabu (21/10/2020).

Ismi menambahkan, kegiatan panjat tebing ini juga menjadi pra syarat anggota tetap Mahipal. Sebelumnya harus lolos seleksi calon anggota melalui Diklatsar, materi lanjutan serta wajib mengikuti beberapa kegiatan alam bebas yang sudah ditentukan badan pendidikan organisasi.

"Kegiatan ekspedisi pembuatan 25 jalur panjat tebing ini, salah satu kegiatan alam bebas yang diikuti anggota muda yang lulus Diklatsar untuk dapat menjadi anggota tetap Mahipal," imbuhnya.

Dalam kurun 3 bulan, peserta ekpedisi yang terdiri 12 orang harus bekerjasama dengan tim, mulai dari penyiapan alam, mapping tebing hingga logistik selama kegiatan.

Ada beberapa teknik atau sistem selama kegiatan panjat tebing. Ekspedisi ini menerapkan sistem artificial, berarti memanjat dengan peralatan sebagai faktor utama dalam suksesnya pemanjatan. Peralatan disini bukan hanya dipakai sebagai alat pengaman tetapi juga sebagai alat penambah ketinggian.

Sistem ini biasa dipakai untuk tebing-tebing besar walau tidak tertutup kemungkinan dipakai juga untuk tebing-tebing kecil. Tapi agar pemanjatan bisa berjalan dengan cepat dan aman, kemampuan teknik tetap menjadi yang utama.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pecinta alam sendiri serta masyarakat. Bagi pecinta panjat perlu menguji nyalimu di jalur ini," imbuhnya.

Sementara itu, Pembina Mahipal Unirow Tuban, Warli mendukung kegiatan ekspedisi pembuatan jalur panjat tebing di Watu Ondo. Aspek kesehatan dan keselamatan harus diutamakan, karena kegiatan tersebut tergolong ekstrim.

"Semoga kegiatan ekspedisi itu sukses," pesannya.

Di tengah pandemi covid-19, Warli berpesan kepada peserta serta pendamping tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Tujuannya agar ekspedisi kali ini tidak sampai menjadi klaster baru. [ali/col]

Tag : mahipal, wisata, panjat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat