15:00 . Ini Perbandingkan Jumlah Jabatan Kosong SOTK Lama dan Baru di Tuban   |   14:00 . Kadinkes Belum Tahu Jumlah Warga Tuban Penerima Vaksin Booster Covid-19   |   13:00 . DPRD Kecewa, Pemkab Telat Beri Data Rapor Kinerja ASN Non Job   |   12:00 . Konsisten Selama Lima Tahun, NFT Foto Selfie Ghozali Terjual Hingga Miliaran   |   10:00 . Berikut Cara Agar Tanaman Hidroponik Tumbuh Subur   |   07:00 . Hubungan Toksik dan Ciri-Cirinya   |   12:00 . Cicipi Lezatnya Olahan Becek Mentok Pedas Khas Tuban Yang Getarkan Lidah   |   11:00 . Musim Hujan Jadi Tantangan Utama Pengrajin Gerabah Tuban   |   10:00 . Tingkatkan Kapasitas SDM, IAINU Tuban Gelar Bimtek Pengelolaan Kampus   |   09:00 . Sit With Emotion, Salah Satu Cara Memanajemen Quarter Life Crisis   |   08:00 . Terima Asimilisasi, 20 WBP Bisa Jalani Hukuman di Rumah   |   08:00 . Terima Asimilisasi, 20 WBP Bisa Jalani Hukuman di Rumah   |   07:00 . Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak, Ini 6 Tanda Pola Asuh Anda Buruk!   |   18:00 . Tahun Ini, BUMDes Compreng Rencanakan Tambah Unit Usaha   |   17:00 . Jalin Silaturrahmi Dengan Tokoh Agama, Kapolres Tuban Sambangi Ponpes Manbail Futuh   |  
Sun, 16 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Bangkitkan Semangat Teater, Komunitas Teater Tuban Gelar Pementasan

bloktuban.com | Monday, 19 October 2020 18:00

Bangkitkan Semangat Teater, Komunitas Teater Tuban Gelar Pementasan

 

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pegiat kesenian teater dari Komunitas Teater Tuban (KTT), menggelar pementasan Restorasi Teater Tuban di Gedung Budaya Loka. Pementasan itu digelar selama 3 hari, mulai Sabtu hingga Senin (17-19/10/2010).

Pentas teater dengan tema 'Restorasi' ini merupakan agenda pementasan ke-8 yang digelar berturut-turut sejak tahun 2012 lalu. Total ada sebanyak 6 komunitas teater di Bumi Wali ikut meramaikan pertunjukan yang diselenggarakan dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

"Pentas tetap kita laksanakan agar semangat berkesenian tetap terjaga. Protokol kesehatan juga kita terapkan dengan ketat, jumlah penonton kita batasi dan jarak antar penonton juga kita atur," terang Ketua Panitia Restorasi Teater Tuban, Hendy Figo Utomo, Senin, (19/10/2020).

Menurutnya, pelaksanaan pementasan teater ini juga sudah mendapat persetujuan dari tim Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban. Sehingga saat pementasan SOP pencegahan Covid-19 sangat diperhatikan. 

"Penonton kita batasi sebanyak 50 sampai 75 orang. Sebelum masuk juga kita cek suhu tubuh, wajib cuci tangan dan memakai masker," sambungnya.

Penyelenggaraan pentas di tengah Pandemi ini adalah untuk memberikan wadah proses  berkesenian para pelaku teater di Tuban. Sebab, selama pandemi Covid-19, hampir tidak ada kegiatan ataupun lomba sebagai proses berteater.

"Kita ingin pelaku teater di Tuban tetap bisa berproses. Jadi kita dari KTT berusaha agar tetap bisa menggelar pementasan meski pandemi," paparnya. 

Sementara itu, Penanggung Jawab Kegiatan Restorasi Teater Tuban, Fuady Kresna menambahkan, tema restorasi diambil karena sudah hampir setengah tahun tidak bisa berkegiatan. 

"Pandemi membuat ruang dan waktu menyempit dan terbatas. Begitu pun dengan keadaan tetaer saat ini. Hampir tak ada bunyi lagi. Karena itu kita merestorasi untuk meningkatkan kembali geliat teater di Tuban," tutur Fuady. 

Melalui pementasan ini, KTT ingin memperlihatkan bahwa teater Tuban tetap bisa eksis meski dalam situasi dan kondisi yang terbatas. Keterbatasan ruang dan waktu akibat pandemi tidak mengikis semangat pecinta teater Tuban untuk tetap terus berproses serta berkarya.

"Harapan ke depan Pemkab bisa terus mendukung pelaku kesenian di Tuban. Yang pasti kita juga ingin Tuban punya gedung kesenian Tuban," jelas Fuady.

Diketahui, 6 komunitas teater yang ikut dalam pementasan Restorasi Teataer Tuban yaitu Teater Hitam Putih, Teater Micro, Teater Mata, Teater Air, Teater D’Blozzo, Teater Hawa.[hud/col]



Tag : Teater, tuban, seni



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more