Tuban Rangking 17 se-Jatim Kasus Corona, Bupati Evaluasi Jam Malam

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kabupaten Tuban saat ini masih berada di zona orange atau rangking 17 dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur sebagai daerah sebaran Covid-19.

Bupati Tuban, Fathul Huda mengklaim posisi ke-17 merupakan deretan terbawah, dan selangkah lagi Bumi Wali berpeluang ke zona kuning. Rangking tersebut artinya sebaran corona di wilayah tersebut di atas 500 kasus.

"Kita pas bawah zona orange dan akan ke zona kuning," ucap Bupati Huda disela bagi-bagi masker di Pasar Pramuka bersama komunitas pesepeda dan Forkopimda Tuban, Minggu (27/9/2020).

Kebijakan jam malam terus dievaluasi oleh Pemerintah Kabupaten Tuban. Wacana memperpanjang jam malam kemungkinan ada, setelah evaluasi tim.

Bupati Tuban sendiri telah menerapkan jam malam sejak awal September 2020. Dua pekan pertama kebijakan pembatasan ekonomi masyarakat dinilai belum efektif, karena jumlah kasus corona terus melonjak.

Sedangkan dua pekan terakhir masih terus dievaluasi, karena Tuban statusnya masih di zona orange. Pemkab bersama stakeholder lainnya terus mengedukasi dan mendorong masyarakat lebih disiplin protokol kesehatan.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, kasus corona di Bumi Wali mencapai 510 kasus. Pasien sembuh ada 396 orang dan kasus suspek ada 12. Pada 26 September 2020, tercatat lima kasus baru, 53 dirawat dan 61 orang meninggal dunia. [ali/col]