09:00 . Bom Bunuh Diri Meledak di Polsek Astanaanyar Bandung, Video Tersebar di Media Sosial   |   08:00 . Harga Emas AntamHari Ini 7 Desember 2022 Stagnan di Level Rp984.000   |   18:00 . Tak Bisa Berenang, Pelajar Tuban Tewas Tenggelam di Telaga Saat Mandi   |   17:00 . MTQ XXX 2022 Dibuka, Ajang Tuban Membumikan Alquran   |   16:00 . BNPB Tegaskan Erupsi Gunung Semeru Tak Picu Tsunami   |   15:00 . SAKIP Tuban Diganjar Predikat BB, Menpan RB Larang Birokrasi Ribet   |   14:00 . Bermula Dari Hobi, Produk Rajutan Warga Tuban Ini Diekspor Sampai ke Qatar   |   13:00 . IDe AsSALAM Antarkan UINSA Terima Penghargaan TOP 45 tahun 2022   |   12:00 . Serahkan Kaporlap pada Bhabinkamtibmas, Wakapolres Tuban : Kembalikan Kepercayaan Publik Kepada Institusi Polri   |   11:00 . Tak Patut Dicontoh, Video Dewasa Viral di Tuban dan Balita Ikut Terekam   |   10:00 . Anjlok Rp15.000 Per Gram, Harga Beli Emas Antam Turun di Level Rp984.000   |   09:00 . Erupsi Gunung Semeru di Indonesia, Jepang Waspada Ancaman Gelombang Tsunami?   |   08:00 . Doa yang Sering Diamalkan Rasulullah SAW Setiap Hari   |   07:00 . Jadwal Tayang Enam Film di Bioskop NSC Tuban 6 Desember 2022   |   06:00 . Cabai Keriting di Tuban Naik Rp2.000, Bawang Merah Rp1.000/Kg   |  
Wed, 07 December 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wabup Kisahkan Kendala Parkir Berlangganan Pada Pemkab Sumedang

bloktuban.com | Sunday, 06 September 2020 12:00

Wabup Kisahkan Kendala Parkir Berlangganan Pada Pemkab Sumedang

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang Jawa Barat terlihat serius ingin meniru kebijakan parkir berlangganan di Kabupaten Tuban. Sehari setelah Pemkab Sumedang studi banding, giliran Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan menemui Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein pekan ini, Minggu (6/9/2020).

Wabup Sumedang menilai sistem parkir dari Bumi Wali lebih bagus, dan mampu memasok Pendapatan Asli Daerah (PAD).  

Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein menjelaskan, proses penerapan parkir berlangganan memerlukan waktu panjang. Prosesnya melalui perdebatan dengan masyarakat yang pro maupun kontra. Sejumlah kendala dihadapi di antaranya penertiban parkir liar maupun preman.

Penerapan parkir berlangganan perlu dijamin keamanan dan kenyamanan dari warga. Penerapan parkir berlangganan diterapkan pada seluruh jalan di 20 kecamatan di Kabupaten Tuban. 

"Alhamdulillah, masyarakat kabupaten Tuban saat ini menerima kebijakan ini," ungkapnya.

Guna menunjang pelayanan parkir berlangganan, menurut Wabup Tuban dua periode ini, Dishub Tuban diinstruksikan untuk melakukan pembinaan rutin kepada juru parkir. Pemkab berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, melalui kerjasama dengan stakeholder terkait.

Pendapatan dari parkir berlangganan di Tuban mengalami peningkatan tiap tahunnya. Pada tahun 2018 pendapatan yang didapat sebesar Rp8,3 miliar dari target semula Rp7,8 miliar.

Tahun 2019 mengalami peningkatan menjadi Rp8,4 miliar dari target awal Rp8,2 miliar. Pada tahun 2020, target awal sebesar Rp8,3 miliar namun diturunkan karena pandemi Covid-19 menjadi Rp6,7 miliar.

 "Sampai dengan bulan Juni sudah terealisasi mencapai 3,4 milar," jelas Noor Nahar Hussein. 

Pendapatan dari parkir berlangganan akan menjadi PAD Kabupaten Tuban, dan masuk dalam APBD Kabupaten Tuban. Anggaran tersebut pada akhirnya akan digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan. 

Wabup Sumedang, Erwan Setiawan menyatakan, dipilihnya Kabupaten Tuban sebagai lokasi studi banding karena dinilai efektif dalam pemberlakuan parkir berlangganan. Salah satu poin yang akan diadopsi Pemkab Sumedang adalah pengelolaan tarif parkir berlangganan. 

"Akan disesuaikan kondisi di kabupaten Sumedang," jelas Erwan Setiawan.

Ia pun berterima kasih atas penerimaan dan materi yang disampaikan kepada tim Studi Banding. Harapannya, dapat saling bertukar pengetahuan antara Pemkab Sumedang dan Pemkab Tuban.

Sementara itu, Plt Dinas Perhubungan Tuban, Gunadi menyampaikan, pengelolaan parkir berlangganan di Tuban diatur dengan pola pembayaran untuk sepeda motor sebesar Rp20 ribu per tahun,  mobil penumpang dikenakan biaya Rp40 ribu, dan truk sebesar Rp60 ribu. 

Peningkatan pendapatan parkir berlangganan lantaran Pemprov Jatim mengeluarkan kebijakan pembebasan denda dan keringanan pajak. "Masyarakat memanfaatkan situasi ini untuk membayarkan pajak kendaraan," pungkasnya. [ali/col]

 

 

Tag : Wabup, parkir, berlangganan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat