Rumah Warga Rengel Dibedah Relawan Setia Negara

Reporter : Khoirul Huda

blokTuban.com - Pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Setiajit-Armaya Mangkunegara (Setia-Negara) terus bergerak. Melalui relawannya di Kecamatan Rengel, bersama komunitas Apa Kabar Tuban, Setia-Negara membedah dua rumah warga miskin di kecamatan tersebut.

Dua rumah yang dibedah itu adalah milik Widji dan Karmi, keduanya warga Dusun Gembong, Desa Rengel, Kecamatan Rengel. Dua rumah warga ini, semula berlantai tanah, dan berdinding gedhek atau anyaman bambu yang sudah bolong-bolong.

Komunitas Apa Kabar Tuban yang sering melakukan penggalangan dana sosial dan menyalurkan bantuan ke warga yang membutuhkan, bekerjasama dengan relawan Setia-Negara untuk membedah rumah dua warga tersebut.

‘’Kita selalu support dengan kegiatan-kegiatan sosial macam ini. Setia-Negara ingin hadir dan selalu menebar kebaikan untuk warga,’’ ujar Agus Sugawi, perwakilan relawan Setia-Negara.

Menurut Agus, pihaknya membantu dana dan tenaga. Melalui relawan di Kecamatan Rengel, Setia-Negara membantu proses bedah rumah itu. Rumah yang sebelumnya tak layak huni itu, akan diubah menjadi layak huni.

Dinding rumah dibuat dari tembok. Atap rumah dan lantai juga diganti sehingga menjadi rumah yang layak huni. Termasuk diberi ventilasi layaknya standar hunian yang layak. 

Agus menjelaskan, kegiatan bedah rumah, atau membantu warga yang kondisi rumahnya memprihatinkan bukan kali ini saja. Sebelumnya di Rengel juga sudah pernah membantu beberapa rumah warga korban angin puting beliung.

Juga bedah rumah warga di Kelurahan Kingking, Kecamatan Tuban, serta sejumlah rumah lain di kecamatan lain. Selain itu, juga memberikan dan mengupayakan bantuan sambungan listrik gratis dan sumur air bagi warga.

‘’Alhamdulillah apa yang kita berikan mendapat sambutan yang baik, dan bermanfaat untuk warga,’’ katanya.[hud/ono]