Tayuban Meriahkan Sedekah Bumi Langgeng di Desa Purworejo

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.

Tradisi tersebut masih langgeng di Desa Purworejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Kepala Desa Purworejo, Muksamiadi mengatakan, sedekah atau bersih desa di wilayahnya selalu diperingati pada kamis legi.

"Di desa kami, bersih desa selalu dimulai pada kamis legi dan bukan bulan besar," terang Kades Muksamiadi kepada blokTuban.com, Kamis (20/8/2020).

Sedekah bumi diawali dari tempat Sumur Kepuh. Di sini ada giat kesenian hiburan tayuban, kemudian dilanjut di Pesarehane mbah Syech Sanggi lanjut di makam yang ada di Desa Purworejo.

Setiap tahunnya sedekah bumi diikuti oleh seluruh warga desa, dengan kebiasaan membawa tumpeng dan jajanan dari rumah masing-masing. Tumpeng dan jajanan tersebut kemudian dimakan ramai-ramai, sekaligus sebagai ajang mempererat silaturahim.

"Tujuan dari bersih desa ini yaitu bersyukur pada Allah SWT serta hormat para leluhur dan kirim doa pada ahli kubur," imbuhnya.

Diketahui, tradisi sedekah bumi telah menyeluruh di 311 desa di Kabupaten Tuban setiap tahunnya. Untuk waktu pelaksanaannya menyesuaikan dengan kearifan lokal desa.

Di masa Pandemi Covid-19, Pemdes Purworejo bersama Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas memasang himbauan bagi tamu untuk menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak. [ali/col]