Atlet Paralayang Tuban-Jombang Kibarkan Merah Putih di Angkasa

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Beragam cara masyarakat Indonesia untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-75. Seperti halnya yang dilakukan oleh Komunitas Paralayang Tuban, Senin (17/8/2020).

Berada di ketinggian puncak Bukit Ngglodokan, Desa Trantang, Kecamatan Kerek, Tuban, para anggota Paralayang berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di ketinggian.

Komunitas olahraga ekstrim ini memperingati Hari Kemerdekaan RI dengan menunjukkan aksinya di udara beberapa kali.

"Kita bersyukur bisa memperingati Kemerdekaan RI yang ke-75 melalui apa yang kita punya dan kita ekspresikan dengan paralayang," ujar Ketua Paralayang Tuban Rondi kepada blokTuban.com.

Rondy mengaku tidak ada kendala berarti dalam aksi yang dilaksanakan. Sebelumnya, beberapa persiapan telah dilakukan dengan matang mulai dari safety dan peralatan.

Dalam aksi pengibaran tahun 2020 ini, pilot Tuban terdiri dari Langking Ayu P, Dityo Septino P, Zudi, Higea Birena FP, dan Septia Nurul l. Untuk pilot Jombang diwakili Erwahyudha, Fernando, dan Aprilia.

Diketahui, jam terbang pilot paralayang Tuban cukup diperhitungkan. Karena pernah mengikuti kejuaraan ini juga diikuti atlet juara dunia dan juara tingkat Asia di Bukit Mandigu, Kabupaten Jember pada November 2019 lalu.

Di bukit Jember yang berbentuk tapal kuda tersebut, Juara III liga Jatim disabet atlet Tuban atas nama Langking Ayu P, kemudian juara III liga Jatim & Bupati Jember cup open diraih Dityo Septino Putra.

Dua atlet Tuban lainnya atas nama Zudi masih di rangking 4 di kelas Junior putra. Sementara Higea Birena Yudha F bertaha di 8 besar. [ali/ono]