15:00 . Bupati Blora Ziarah ke Makam Tjitrosoman Tuban   |   14:00 . TNI AD dan PMI Tuban Terus Kolaborasi Penuhi Pasokan Darah Saat Pandemi   |   13:00 . Lanjutkan Usaha Anak, Kini Beromzet Jutaan dengan Jualan Mainan anak   |   12:00 . Jelang Nataru, Harga Cabai Rawit di Tuban Naik Menjadi Rp65 Ribu per Kilogram   |   11:00 . Wacana Difabel Tuban, Terima PKH, Ruang Kreasi, dan Diantar Jemput ke Sekolah   |   10:00 . Bupati Tuban Halindra akan Buat Cekungan di Bekas Galian Tambang   |   09:00 . Kepergok Curi Karet Bekas Belt Conveyor Milik PT. SBI, Dua Warga Sekitar Perusahaan Ditangkap   |   08:00 . Pelajar Tuban Peduli Korban Semeru, Mulai Salat Gaib hingga Galang Dana   |   07:00 . Cara Atasi Lemas dan Ngantuk Habis Sarapan Menurut Ahli Gizi   |   20:00 . Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional   |   19:00 . Merantau di Tuban, Residivis Asal Jepara Ini Nekat Gondol Motor Temannya   |   18:00 . Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana   |   15:00 . Overkapasitas, Lagi-lagi Lapas Tuban Terima Pindahan 20 Napi Narkoba   |   14:00 . Suhada Erwin Resmi Jabat Dandim 0811 Tuban   |   13:00 . 7 Kali Dipenjara, Warga Merakurak Lagi-lagi Gasak Handphone Tetangga   |  
Thu, 09 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

BUMD RSM Libatkan Peternak Lokal Suplai Daging BPNT

bloktuban.com | Friday, 14 August 2020 12:00

BUMD RSM Libatkan Peternak Lokal Suplai Daging BPNT

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Untuk pertama kalinya, distribusi ayam di Kecamatan Jenu pada Agustus ini melibatkan pengusaha lokal Bumi Wali.

Komitmen tersebut dipegang teguh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) demi mewujudkan keinginan peran serta kearifan lokal dan masyarakat lokal.

Sesuai notulen rapat atau hearing terkait bantuan pangan non tunai (BPNT) yang diselenggarakan di DPRD Tuban 9 Juni lalu. Salah satu poin penting dalam hearing tersebut yakni meminta produk lokal bisa disertakan dalam penyediaan kebutuhan BPNT. Sebab selama ini sebagian pasokan BPNT memanfaatkan dari luar kota karena faktor standar mutu.

Direktur BUMD PT. Ronggolawe Sukses Mandiri (RSM) Kabupaten Tuban, Amin Jaya mengatakan, pasokan daging ayam sebagian besar mendatangkan dari pabrik di Sidoarjo dan Jombang. Dua pabrik besar yang sudah diakui kualitasnya tersebut selama ini memasok sekitar 50 ribu ayam potong di 20 kecamatan Bumi Wali.

“Bulan ini kami mulai memberanikan diri untuk memberi kesempatan satu kecamatan disuplai kepada pengusaha lokal dengan sumber produk lokal,” kata dia.

Untuk tahap penjajakan tersebut, pengusaha lokal Tuban itu memasok kebutuhan ayam di belasan agen se-Kecamatan Jenu. Dari belasan agen tersebut, diketahui hanya satu dusun di Desa Socorejo yang mengeluhkan ada indikasi ayam tak layak konsumsi.

“Keluhan di satu agen tersebut langsung kami perintahkan kepada pengusaha lokal tersebut untuk langsung diganti, agar menjaga profesionalitas,” tegas dia.

Amin menjelaskan, keterlibatan pengusaha lokal sangat penting untuk perputaran ekonomi Bumi Wali. Sehingga yang merasakan manfaat keberadaan BPNT tak hanya keluarga penerima manfaat (KPM), melainkan masyarakat yang memiliki usaha sembako kebutuhan untuk BPNT.

“Kami memastikan seluruh daging segar dan layak konsumsi saat diantar ke masing-masing agen. Terbukti saat pengiriman ke agen tidak ada kendala selama ini,” sambungnya.

Amin menjelaskan, jika ada kekurangan terkait keterlibatan pengusaha lokal, pihaknya akan mengevaluasi. Sehingga selanjutnya bisa diputuskan apakah tetap melanjutkan untuk mengajak kerjasama dengan pengusaha lokal atau kembali memaksimalkan produk pabrik luar kota.

“Semua masukan akan menjadi bahan evaluasi untuk kinerja yang lebih baik ke depan,” terang pria yang sukses mendirikan Jagongan Matoh tersebut.

Lebih lanjut, Amin menyampaikan, dalam pendistribusian, pihaknya selalu berkomitmen memberikan daging kualitas terbaik. Baik beku (frozen) atau fresh.

Untuk wilayah Jenu, suplai daging bulan ini tidak dilakukan BUMD. Melainkan menjadi pilot project untuk keterlibatan pengusaha lokal dan produk lokal. Apalagi, permintanan setiap agen berbeda.

"Ada yang minta frozen dan fresh. Sehingga pengusaha lokal harus bisa memenuhi permintaan tersebut sesuai standar kelayakan," tandasnya. [ali/rom]

Tag : bpnt, bumd, suplai daging



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more