10:00 . KKondisi Terkini Mapolsek Astanaanyar Pasca Bom Bunuh Diri, Densus 88 Terjun ke Lokasi Kejadian   |   09:00 . Bom Bunuh Diri Meledak di Polsek Astanaanyar Bandung, Video Tersebar di Media Sosial   |   08:00 . Harga Emas AntamHari Ini 7 Desember 2022 Stagnan di Level Rp984.000   |   18:00 . Tak Bisa Berenang, Pelajar Tuban Tewas Tenggelam di Telaga Saat Mandi   |   17:00 . MTQ XXX 2022 Dibuka, Ajang Tuban Membumikan Alquran   |   16:00 . BNPB Tegaskan Erupsi Gunung Semeru Tak Picu Tsunami   |   15:00 . SAKIP Tuban Diganjar Predikat BB, Menpan RB Larang Birokrasi Ribet   |   14:00 . Bermula Dari Hobi, Produk Rajutan Warga Tuban Ini Diekspor Sampai ke Qatar   |   13:00 . IDe AsSALAM Antarkan UINSA Terima Penghargaan TOP 45 tahun 2022   |   12:00 . Serahkan Kaporlap pada Bhabinkamtibmas, Wakapolres Tuban : Kembalikan Kepercayaan Publik Kepada Institusi Polri   |   11:00 . Tak Patut Dicontoh, Video Dewasa Viral di Tuban dan Balita Ikut Terekam   |   10:00 . Anjlok Rp15.000 Per Gram, Harga Beli Emas Antam Turun di Level Rp984.000   |   09:00 . Erupsi Gunung Semeru di Indonesia, Jepang Waspada Ancaman Gelombang Tsunami?   |   08:00 . Doa yang Sering Diamalkan Rasulullah SAW Setiap Hari   |   07:00 . Jadwal Tayang Enam Film di Bioskop NSC Tuban 6 Desember 2022   |  
Wed, 07 December 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

RTH Sekaligus Tempat Konservasi Rusa Mulai Ramai Dikunjungi Warga

bloktuban.com | Sunday, 02 August 2020 14:00

RTH Sekaligus Tempat Konservasi Rusa Mulai Ramai Dikunjungi Warga

Reporter: Nidya Marfis H

blokTuban.com - Usai ditutup selama tiga bulan terakhir, Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang juga menjadi tempat konservasi rusa kembali ramai dikunjungi warga.

Taman edukasi yang berada di Jalan Gajah Mada Tuban, yang dibangun akhir tahun 2019 lalu menggunakan dana Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) senilai Rp 850 juta. Kembali ramai dikunjungi warga yang mayoritasnya keluarga dengan membawa anak - anak.

Salah satu pengunjung, Wawan (30) warga Kecamatan Semanding mengatakan, sebelum ada pandemi covid-19 hampir setiap akhir pekan, ia bersama anaknya selalu menguji Tama Kapur untuk memberi makan rusa. "Alhamdulillah dibuka kembali, setelah ditutup selama tiga bulan,"ujar Wawan (30). Minggu,(2/8/2020).

Ia mengaku, sangat senang dengan adanya taman ini, selain menjadi taman edukasi juga menjadi tempat wisata gratis bagi keluarganya. "Senang banget, karena masuk sini gratis. Cuma bawa sayuran dari rumah untuk pakan rusa," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan pengunjung lainnya, Santi (25) warga Kecamatan Tuban mengatakan, taman sekaligus tempat konservasi hewan rusa ini baru ada pertama di Tuban. Ia berharap, ke depan taman berkonsep seperti ini ada banyak di Tuban.

"Sehingga tidak perlu keluar kota, untuk mengenalkan satwa ke anak - anak,"tuturnya.

Ia menambahkan, dengan adanya wabah pandemi covid-19 juga membuatnya sedikit khawatir untuk berkunjung kembali ke Taman Kapur.

"Khuwatir ada, tapi kita selalu menerapkan protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker dan jaga jarak," imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Kebersihan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Sumarno mengatakan, sudah sejak tahun 2013 lalu tempat yang dulunya bekas pabrik kapur ini menjadi tempat konservasi rusa.

"Dulu ada 5 ekor, sekarang ada 44 ekor," ungkap Sumarno.

Dengan adanya taman edukasi ini, ia meminta kepada masyarakat yang berkunjung untuk tetap menjaga etika, kebersihan dan menerapkan protokol kesehatan.

"Jangan dirusak fasilitas yang ada di situ dan selalu jaga jarak," tandasnya. [nid/ito]

 

Tag : Penangkaran, rusa, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat