Komisi IV DPRD Minta Pemkab Perkuat Ekonomi dengan UMKM

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Komisi IV (Empat) DPRD Kabupaten Tuban melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kantor Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Jumat (17/7/2020).

Kunker tersebut dalam rangka upaya mempertahankan serta melindungi seluruh sektor ekonomi di Bumi Wali pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

Ketua Komisi IV, Tri Astuti menilai dampak ekonomi dari perlambatan ekonomi yang timbul akibat pandemi Covid-19 ini dapat memunculkan kemiskinan baru. Selain itu, juga dapat berdampak pada penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Dalam upaya pemulihan ekonomi, menurut Astuti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) perlu memberikan program bagi pelaku ekonomi kreatif dan UMKM. Selain memberikan bantuan modal kerja, pemerintah juga memberikan wadah dalam pemasaran produk yang dihasilkan.

"Pemberian fasilitas maupun kebijakan strategis dengan mewajibkan toko modern untuk menerima penjualan produk UMKM Tuban juga harus diberikan," ujar Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tuban tersebut.

Dia juga meminta kepada Pemkab untuk tegas dalam menertibkan izin berdirinya toko modern. Sebab, dengan menjamurnya toko modern ini akan mengakibatkan berkurangnya pendapatan pedagang tradisional.

Politisi Partai Gerindra itu berharap, penguatan ekonomi yang dilakukan harus mempertimbangkan aspek usaha mikro dan ekonomi kreatif lainnya. Selain itu, pemerintah juga mempermudah izin usaha bagi pelaku UMKM di Tuban.

"Pemberdayaan UMKM harus di maksimalkan, misalnya dimasa pandemi ini pemerintah memproduksi masker secara massal dengan melibatkan pelaku UMKM," pungkasnya.[hud/col]