22:00 . Warga Bojonegoro Jadi Pemenang Lomba Kicau Nasional di Tuban, Burungnya Ditawar Rp100 Juta   |   21:00 . Desa Klotok Tuban Sukses Gelar Festival Layang-layang Nasional 2022   |   20:00 . Beruntungnya Punya Nama Agus dan Berakhiran Tie Dapat Nasi Kemerdekaan di Warung Tuban Ini   |   19:00 . Ratusan Burung 6 Jenis Ini Tampil Memukau di Lomba Kicau Nasional di Tuban   |   18:00 . 7 Rekomendasi Sewa Kostum dan Rias di Tuban Cocok untuk Karnaval Kemerdekaan   |   17:00 . Di bawah DKI Jakarta, Gubernur Khofifah Minta Pengusaha APINDO Pertahankan Iklim EKonomi Jatim   |   16:00 . Setelah Minyak Goreng Kemasan Turun, Hari Ini Sembako di Tuban Stabil   |   15:00 . Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda   |   14:00 . Lulus Predikat Membanggakan, 54 Siswa Permadani Tuban di Wisuda   |   13:00 . Kabar Baik, 4 Zodiak Berikut ini Hidup Berkelimpahan di Bulan Agustus   |   12:00 . Bediang Berujung Petaka, Warga Tuban Kehilangan Rumah, Kandang dan Tiga Kambing   |   11:00 . Dok! PA Kabulkan Dispensasi Nikah Santriwati Korban Pencabulan Anak Kiai di Tuban   |   10:00 . Jelang HUT RI ke-77 Tahun, Persewaan Kostum Karnaval di Tuban Kebanjiran Orderan   |   09:00 . Lirik Lagu FOREVER 1 - Girls' Generation/ SNSD - SMTOWN   |   08:00 . Ini Niat Puasa Sunnah Asyura 10 Muharram, Ketahui Keutamaannya   |  
Mon, 08 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Penderita ODGJ di Tuban Naik, Plumpang Tertinggi

bloktuban.com | Friday, 12 June 2020 08:00

Penderita ODGJ di Tuban Naik, Plumpang Tertinggi *Foto ilustrasi.

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Jumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Tuban hingga akhir bulan Mei 2020 mengalami kenaikan dari tahun 2019 lalu.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Atiek Supartiningsih mengatakan, berdasarkan data dari puskesmas mulai bulan Januari sampai Mei 2020 ada 943 ODGJ. Angka tersebut mengalami kenaikan dari tahun 2019 lalu yang berjumlah 888 orang sampai akhir bulan November 2019.

"Jumlah tersebut bisa jadi lebih besar karena tidak semua ODGJ di Tuban terdata pemerintah,"ungkap Atiek Supartiningsih, Kamis (11/6/2020).

Hal tersebut, kata Atiek, disebabkan masih banyak masyarakat yang menyembunyikan keluarganya apabila mengalami ODGJ dengan alasan malu.

"Banyak yang berpikir itu sebuah aib sehingga memilih disembunyikan, padahal itu salah besar," ungkapnya.

Ia menambahkan, saat ini penderita ODGJ tak harus dibawa ke rumah sakit jiwa, sebab di setiap puskesmas di Kabupaten Tuban sudah ada poli kesehatan jiwa, sehingga mempermudah pasien ODGJ untuk melakukan rawat jalan.

"Di rumah tetap bisa melakukan pengobatan, tentunya dengan pengawasan dari pihak puskesmas," ungkapnya.

Untuk itu ia berharap kepada seluruh masyarakat untuk pro aktif melaporkan apabila di sekitar lingkungannya ada yang mengalami ODGJ.

"Dengan begitu pemerintah dapat melakukan pendataan, usaha pengobatan dan pembinaan pasca sembuh," tandasnya. [nid/rom]

Berikut ini data ODGJ per kecamatan:
- Kec. Singgahan 7 orang
- Kec. Parengan 58 orang
- Kec. Soko 104 orang
- Kec. Rangel 117 orang
- Kec. Grabagan 22 orang
- Kec. Plumpang 161 orang
- Kec. Palang 94 orang
- Kec. 38 orang
- Kec. Tuban 71 orang
- Kec. Jenu 70 orang
- Kec. Merakurak 48 orang
- Kec. Tambakboyo 45 orang
- Kec. Jatirogo 45 orang
- Kec. Bancar 35 orang.

Tag : odgj, penderita , gangguan jiwa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat