Pasar Leran Wetan Klaster Baru Penularan Corona

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Pasar Leran Wetan, Kecamatan Palang ditetapkan gugus tugas Covid-19 kabupaten sebagai klaster baru penularan corona di Kabupaten Tuban, Kamis (11/6/2020).

"Dari klaster ini, ada empat pasien konfirmasi baru yaitu bayi perempuan usia 7 bulan serta tiga perempuan usia 25, 57 dan 58 tahun asal Kecamatan Palang," terang Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati dalam rilis resminya.

Sehari sebelumnya, 18 pasien konfirmasi positif Covid-19 dinyatakan sembuh. Hari ini pasien positif Covid-19 juga bertambah dari klaster Pasar Tambakboyo, disusul pasien positif baru dari Kecamatan Montong.

Adapun pasien konfirmasi baru dari klaster Tambakboyo adalah anak perempuan (9) asal Kecamatan Bancar dan laki-laki (48) asal Kecamatan Jenu. "Pasien ini masih ada hubungan keluarga dengan pasien konfirmasi cluster Pasar Tambakboyo sebelumnya," imbuhnya.

Dari Kecamatan Montong yaitu laki-laki (41) yang sebelumnya berstatus PDP. Total penambahan konfirmasi positif hari ini adalah sejumlah tujuh orang atau secara kumulatif menjadi 64 kasus positif.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban menambahkan, dari Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang masuk dalam data hari ini juga ada panambahan yaitu perempuan (62) asal Kecamatan Grabagan, Perempuan (60) asal Kecamatan Kerek dan Perempuan (45) asal Kecamatan Jatirogo. Namun juga terdapat PDP yang sembuh dari Kecamatan Soko, Grabagan dan Semanding.

Berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban, per tanggal 11/6/2020 hingga pukul 18.00 WIB jumlah kumulatif ODP sebanyak 639 orang dengan keterangan sebanyak 540 orang selesai pemantauan dan 99 orang masih dalam pemantauan.

Selain itu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 78 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 40 orang sembuh; 19 orang meninggal dunia; dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 19 orang.

Sedangkan untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 64 orang, terdiri dari 27 orang sembuh, 4 orang meninggal dunia, dan 33 orang dalam perawatan/isolasi. [ali/rom]