Rapid Tes 42 Santri Temboro Asal Tuban, 6 Santri Positif Covid-19

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona atau (Covid-19) Kabupaten Tuban terus berupaya melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kesehatan santri asal Tuban yang mondok di Pesantren Al-Fatah Temboro, Kabupaten Magetan.

Hasil perkembangan hingga saat ini, Senin (27/4/2020) Tim Gugus Tugas telah melakukan pemeriksan terhadap kondisi kesehatan 42 santri serta telah melakukan Rapid Tes. Adapun hasilnya, ada 6 santri Temboro yang telah pulang ke Tuban positif terjangkit Covid-19.

"Kita sudah periksa kondisi kesehatan dan melakukan Rapid Tes terhadap 42 santri Temboro yang sudah pulang ke Tuban. Hasilnya ada 6 yang menunjukkan positif Covid-19," terang Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Bambang Priyo Utomo.

Menurutnya, 6 santri yang positif Covid-19 berdasarkan hasil Rapid Tes tersebut berasal dari Kecamatan Palang, Montong, Soko, Parengan dua orang serta Kecamatan Semanding.

Selanjutnya, Tim Gugus Tugas akan menindaklanjuti dengan melakukan Swab guna memastikan ke 6 santri tersebut terjangkit Covid-19 atau tidak. "Kita segera menindaklanjuti untuk dilakukan Swab, guna memastikan positif Covid-19 atau negatif," imbuhnya.

Dia mengungkapkan, ke 6 santri tersebut kini kondisinya sehat tidak memiliki keluhan atau Orang Tanpa Gejala (OTG). Kendati begitu, mereka harus menjalani masa isolasi mandiri di rumah dengan diawasi oleh RT/RW dan Petugas Medis dari Puskesmas.

"Kondisinya baik dan normal, mereka tidak ada gejala (Orang Tanpa Gejala/OTG). Namun saat di Rapid Tes Positif," imbuhnya.

Sebatas diketahui, pada Kamis (23/4/2020) lalu, Tim Gugus Tugas baru mendata dan melakukan Rapid Tes terhadap 20 santri Temboro yang pulang ke Tuban. Selanjutnya, petugas terus mendata santri Ponpes Temboro yang telah pulang baik rombongan maupun dijemput keluarga. [hud/rom]