Bupati: Masyarakat Tetap Tenang, Tapi Jangan Sembrono

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Seiring peningkatan jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) maupun Pasien Dalam Pantauan (PDP) yang ada di Kabupaten Tuban, Bupati Fathul Huda menyampaikan himbau kepada masyarakat, supaya tetap tenang serta berwaspada.

"Saya minta semua masyarakat tetap tenang, tapi juga jangan sembrono, jangan cuek. Karena ketenangan diperlukan. Karena dengan ketenangan itu, juga bisa membangun ketahanan tubuh," pesan Bupati Tuban, Fathul Huda dengan maksud meredam kecemasan masyarakat soal wabah Covid-19 yang begitu hyper ini, Selasa (14/4/2020).

[Baca juga: Bupati Tinjau Ruang Isolasi Desa di Tuban Selatan ]

Tapi di sisi lain, sambung Bupati nan religius ini, masyarakat juga harus hati-hati, harus menjaga jarak atau social distancing, dengan perlindungan diri memakai masker dimanapun tempat. Budaya sehat, cuci tangan pakai sabun juga harus selalu dilakukan.

Selanjutnya, warga yang sedang berada diluar kota, yang melalui atau bekerja dalam zona merah, tak usah canggung dan khawatir untuk melakukan isolasi.

Ada aturan dari Dinas Kesehatan, jika warga tak mau diisolasi, tentu ada tahapan. Kalau memang warga tak ada gejala dan keluhan apa-apa, bisa cukup isolasi dirumah atau isolasi mandiri.

Namun, jikalau warga yang pulang pasca melalui zona merah ataupun bekerja di zona merah, muncul adanya gejala Covid-19, maka harus keluar dari rumah. Bisa ke rumah isolasi yang sudah ada dan disediakan di desa, bisa juga di Puskesmas setempat yang menampung isolasi.

"Kalau orangnya nanti tidak mau, itu harus dipaksa. Semuanya harus bisa menyelamatkan diri sendiri dan juga bisa membantu untuk keselamatan orang lain," tukas Bupati Tuban kepada blokTuban.com. [feb/ito].