Sebanyak 17 ODP, Satu Orang Dikarantina

Reporter : Khoirul Huda

blokTuban.com - Sampai Senin (23/3/2020) sebanyak 17 orang di Kabupaten Tuban berstatus orang dalam pengawasan (ODP) Covid-19. Data itu disampaikan Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein pada para wartawan.

 

‘’Ada satu yang dinyatakan pasien dalam pengawasan (PDP) yang sekarang dirawat di RSUD dr.Koesma Tuban,’’ ujar Noor Nahar usai mengisi dialog di studi Radio Pradya Suara Tuban, Senin (23/3/2020) pagi.

 

Dia menyebut, pasien tersebut laki-laki berasal dari Kecamatan Tambakboyo dengan usia di atas 50 tahun. Pasien ini dikarantina karena menunjukkan gejala terpapar Covid-19. Sehingga, pihak rumah sakit melaksanakan prosedur pengawasan khusu pada pasien.

 

‘’Pasien ini usai ulang umrah. Jadi harus diawasi khusus untuk memastikan positif Covid-19 atau tidak,’’ tambahnya.

 

Saat memberikan penjelasan, wabup didampingi Kepala Dinas Kesehatan (dinkes) dr.Bambang dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Herry Prastyo. Dia menyebut, untuk data sebaran Covid-19 di Tuban bisa diakses melalui situs resmi kominfo.

 

‘’Pemkab terus berupaya untuk menangani wabah ini semaksimal mungkin. Masyarakat juga harus membantu dengan melaksanakan arahan dan anjuran pemerintah,’’ harapnya.

 

Selain rumah sakit dr.R.Koesma Tuban, juga disiapkan ruangan lain untuk perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit Jatirogo. Artinya, warga masyarakat jika menunjukkan gejala terpapar Covid-19 untuk segera memeriksakan diri.

 

Di Tuban, sebelumnya ada satu pasien yang terindikasi terapapr Covid-19. Setelah diisolasi selama 14 hari dna hasil labnya menyatakan negatif. Sehingga pasien yang bersangkutan boleh pulang.

 

‘’Tiga hari lalu masuk lagi satu orang yang dari Tambakboyo itu, dan sampai sekarang masih diobservasi,’’ tandasnya.

 

Sementara, berdasarkan data yang dirilis Dinas Kominfo dengan sumber dari Dinas Kesehatan dan Satgas Tanggap Covid-19 pemkab, ada 17 ODP dan satu PDP. Mereka yang ODP itu ada di Sembilan kecamatan.

 

Yakni Kecamatan Bancar ODP satu orang, Tambakboyo ODP tiga orang, Tuban dua orang, Parengan dua orang dan Semanding lima orang. Sementara Kecamatan Bangilan, Plumpang dan Widang masing-masing satu orang.satu-satunya PDOP dari Kecamatan Tambakboyo satu orang.[hud/ono]