15:00 . Jokowi Longgarkan Prokes, Penjual Masker di Tuban Masih Bertahan   |   14:00 . Akibat Cuaca Buruk, Harga Ikan di PIT Naik!   |   13:00 . Libur Akhir Pekan, Pengunjung Wisata Pantai Remen Tuban Capai 2.000 Orang   |   12:00 . Terlanjur Nyaman, Sebagian Masyarakat Tuban Enggan Lepas Masker   |   11:00 . Ini Tiga Tokoh Kunci pada Mitos Goa Ngerong   |   10:00 . Pengelola Mangrove Center Tuban Keluhkan Fenomena Banjir Rob   |   09:00 . Warga Prunggahan Kulon Ditemukan Tewas di Bekas Tambang, Ini Kronologinya!   |   08:00 . Orangtua, Ini Tips Mendorong Anak untuk Mau Mengonsumsi Makanan Sehat   |   18:00 . Jatim Series Jember Jadi Evaluasi Rider ISSI Tuban Sebelum Porprov 2022   |   17:00 . Suzuki Baleno Kecelakaan Karambol Libatkan Dua Truk   |   16:00 . Jembatan Glendeng Resmi Ditutup, Pemotor Pilih Jalan Alternatif   |   15:00 . Jokowi Serukan Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri di Peluncuran Gernas BBI   |   14:00 . Hanya 2 Jam, 134 Anak di Tuban Selesai Dikhitan Massal   |   13:00 . PKL Taman Sleko Tuban Diminta Tak Ganggu Pengguna Jalan   |   12:00 . Ketakutan Warga Gesikharjo Sandarkan Kapalnya Dekat Makam Asmoroqondi   |  
Mon, 23 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Cegah DBD, Ramai-Ramai Tanam Serai dan Tebar Ikan Cupang

bloktuban.com | Friday, 13 March 2020 16:00

Cegah DBD, Ramai-Ramai Tanam Serai dan Tebar Ikan Cupang

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai menghantui sejumlah daerah di Jawa Timur. Menyikapi ancaman tersebut, warga Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Tuban pada Jumat (13/3/2020) bersih, ramai-ramai menanam tumbuhan serai di tepi jalan.

Penanaman serai ini dilakukan bersama Ketua RT setempat dan Kepala Desa Socorejo, Z. Arief Rahman Hakim. Serai tertanam rapi di polibag di sepanjang jalan lingkungan yang didanai Dana Desa (DD) tahun 2019.

"Warga rutin gelar kerja bakti dan kali ini bersama-sama tanam serai untuk cegah DBD," terang Kamiyati kepada blokTuban.com.

Selepas tanam serai, lanjut Kamiyati beserta warga lainnya juga menebar ikan Cupang ke bak penampungan air. Tujuannya dua cara ini mengurangi jentik nyamuk di musim penghujan, khususnya di wilayah Socorejo.

Ikan yang dilepas langsung memakan jentik-jentik nyamuk di bak air warga. Selain Cupang, warga juga menebar ikan seadanya dengan tujuan lingkungan terbebas nyamuk.

Selain dua cara ini, warga juga membersihkan selokan dan semak-semak yang dirasa menjadi sarang nyamuk. Pemeliharaan lingkungan ini akan terus dilakukan, supaya enak dipandang.

Antisipasi dini DBD diapresiasi Kades Socorejo, Arief Rahman. Di Dusun Borosoco dan wilayahnya, disyukuri belum ada yang terjangkit demam berdarah. Cuma langkah preventif ini dilakukan untuk menjadikan Borosoco semakin maju, sehat dan sejahtera.

"Kalau melihat angka kematian di Jatim akibat DBD tinggi, maka pencegahan dini harus diutamakan," sambung Kang Arief yang tahun 2019 membawa Socorejo menjadi terbaik 1 BPJS Ketenagakerjaan Nasional.

Kang Arief sapaan petinggi pesisir Tuban ini, juga mengimbau warga melakukan gerakan 3M (menguras, mengubur, dan menutup) wadah yang berpotensi jadi sarang nyamuk.

Sementara itu, Gubernur Khofifah Indarparawansa, mengatakan sebanyak 1.766 kasus DBD tercatat di Jatim hingga awal Maret 2020. 15 penderita di antaranya meninggal dunia. Data ini terupdate pada 10 Maret 2020.

Sementara itu, di Kabupaten Tuban pada bulan Januari ada 7 pasien, Februari 6 pasien dan Maret belum ada laporan pasien DBD ke Dinas Kesehatan.

Di antara upaya menekan penyebaran DBd dengan cara, pemberantasan sarang nyamuk melalui gerakan satu rumah satu jumantik, dan memperkuat fasilitas kesehatan.

Masyarakat diminta memakai obat pembasmi nyamuk, memakai cairan anti nyamuk, atau menabur bubuk abate di sejumlah wadah. [ali/col]

Tag : Serai, nyamuk, dbd



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more