20:00 . Omset Penjual Hewan Kurban Dadakan di Tuban Rp10-15 Juta Sehari   |   19:00 . Dear Warga, Cek Label Sehat Sebelum Beli Hewan Kurban di Tuban   |   18:00 . Domba Lokal Bertanduk Banyak Diburu di Tuban, Segini Kisaran Harganya   |   17:00 . Sudah 2.525 Warga Tuban Terekam Mobil INCAR, Polisi: Kebiasaan Baik Harus Dipaksa   |   16:00 . Ikuti Program Revitalisasi, KUA Tuban dan Soko Dimonev Kemenag RI   |   15:00 . Punya Sejarah 70 Tahun, Asosiasi Dokter Medis Sedunia Hanya Akui IDI Organisasi Dokter di Indonesia   |   14:00 . Harga Kambing Kurban di Tuban Termahal Rp7 Juta per Ekor, Penjual: Gratis Ongkos Kirim   |   13:00 . Mengenal Demokrasi dalam Perspektif Masyarakat   |   12:00 . Rupa Sesaji di Manganan Bektiharjo Tuban   |   11:30 . Ini Doa Saat Manganan Bektiharjo Tuban   |   11:00 . Lirik Lagu dan Chord Luka Sekerat Rasa - Cover Maulana Ardiansyah (Live Ska Reggae Trending on Youtube)   |   10:30 . Memberi Makan Kera Bektiharjo Tuban   |   10:00 . Tradisi Manganan Bektiharjo Tuban: Memberi Makan Ikan   |   09:30 . Manganan Bektiharjo Tuban Setiap Rabu Pon   |   09:00 . 6 Juli 2022 Emas Antam Anjlok Rp 977 Ribu, Turun Rp 12.000 Per Gram   |  
Wed, 06 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Anak Pilek, Bolehkah Minum Es?

bloktuban.com | Wednesday, 26 February 2020 07:00

Anak Pilek, Bolehkah Minum Es?

Reporter: -

blokTuban.com - Ketika anak pilek, sebagian besar orang tua umumnya melarang si kecil mengonsumsi minuman dingin atau minum es. Ya, kebanyakan ibu beranggapan, minum es dapat membuat pilek pada anak menjadi parah. Namun, benarkah hal itu?

Moms, Anda sebaiknya jangan langsung percaya dengan pernyataan itu.

Pilek dan demam merupakan gejala paling umum saat anak flu. Flu sendiri disebabkan karena adanya virus. Selain itu, mengutip laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia, pilek juga bisa terjadi akibat alergi, udara dingin, konsumsi makanan pedas, maupun virus lain yang bisa menginfeksi hidung dan tenggorokan anak.

Oleh sebab itu, menurut Dokter Spesialis Anak, dr. Arifianto, SpA, minum es bukanlah penyebab anak pilek, Moms. Lebih lanjut, dokter yang akrab disapa dr. Apin itu menjelaskan, saat anak pilek karena flu, maka ia membutuhkan asupan cairan yang cukup. Jadi, tak ada salahnya orang tua memberikan asupan cairan dengan minum es.

"Bagus dong, justru menghindari dehidrasi. Demam kan meningkatkan risiko dehidrasi," kata dr. Apin dalam salah satu unggahan di Instagram pribadinya @dokterapin beberapa waktu lalu.

Beberapa orang tua juga percaya, minum es bisa menyebabkan radang tenggorokan pada anak. Padahal pernyataan itu juga tidak benar, Moms. Selama si kecil tidak menunjukkan gejala-gejala tidak nyaman saat minum es, maka Anda boleh memberikannya.

Dokter yang praktik di RSUD Pasar Rebo, Jakarta Timur, ini kembali menegaskan bahwa penyebab anak pilek umumnya berasal dari infeksi atau virus.

Namun sebaliknya, jika anak memiliki riwayat asma setelah minum es atau mengonsumsi makanan dingin, dr. Apin menyarankan agar orang tua tidak memberikannya. Sebab, hal itu dikhawatirkan bisa menimbulkan serangan asma.

"Hindari minum es kalau anak terus batuk-batuk dan bersin, meler. Tapi kasus seperti ini tentunya bukan mayoritas. Jadi, buatlah anak yang sakit menjadi nyaman," tutup dr. Apin.

Nah Moms, yang terpenting, saat anak pilek akibat flu ataupun infeksi, berikanlah asupan makanan yang bergizi dan pastikan tubuhnya cukup istirahat agar si kecil dapat segera pulih.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat