15:00 . Jokowi Longgarkan Prokes, Penjual Masker di Tuban Masih Bertahan   |   14:00 . Akibat Cuaca Buruk, Harga Ikan di PIT Naik!   |   13:00 . Libur Akhir Pekan, Pengunjung Wisata Pantai Remen Tuban Capai 2.000 Orang   |   12:00 . Terlanjur Nyaman, Sebagian Masyarakat Tuban Enggan Lepas Masker   |   11:00 . Ini Tiga Tokoh Kunci pada Mitos Goa Ngerong   |   10:00 . Pengelola Mangrove Center Tuban Keluhkan Fenomena Banjir Rob   |   09:00 . Warga Prunggahan Kulon Ditemukan Tewas di Bekas Tambang, Ini Kronologinya!   |   08:00 . Orangtua, Ini Tips Mendorong Anak untuk Mau Mengonsumsi Makanan Sehat   |   18:00 . Jatim Series Jember Jadi Evaluasi Rider ISSI Tuban Sebelum Porprov 2022   |   17:00 . Suzuki Baleno Kecelakaan Karambol Libatkan Dua Truk   |   16:00 . Jembatan Glendeng Resmi Ditutup, Pemotor Pilih Jalan Alternatif   |   15:00 . Jokowi Serukan Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri di Peluncuran Gernas BBI   |   14:00 . Hanya 2 Jam, 134 Anak di Tuban Selesai Dikhitan Massal   |   13:00 . PKL Taman Sleko Tuban Diminta Tak Ganggu Pengguna Jalan   |   12:00 . Ketakutan Warga Gesikharjo Sandarkan Kapalnya Dekat Makam Asmoroqondi   |  
Sun, 22 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Teknologi Digital Nozzle Pertamina Berikan Kepastian Konsumen di SPBU

bloktuban.com | Thursday, 20 February 2020 14:00

Teknologi Digital Nozzle Pertamina Berikan Kepastian Konsumen di SPBU

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Anggota Komisi VII DPR RI, Ratna Juwita Sari dalam kunjungan kerjanya di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) PT. Pertamina Tuban juga mendorong masyarakat di Kabupaten Tuban ikut berpartisipasi dalam pengawasan jual beli BBM subsidi jenis Premium di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Pada pertengahan 2019 lalu, di Ngajuk polisi mengamankan dua mobil pengangkut BBM karena dinilai melanggar aturan dalam pembelian bahan bakar di SPBU. Di Probolinggo pada Januari 2020 juga terjadi hal demikian.

"Bisa dilaporkan ke pihak berwajib jika mengetahui pembelian BBM Premium subsidi dengan model tangki modifikasi," terang Ratna kepada blokTuban.com, Kamis (20/2/2020).

Pembelian BBM subsidi yang melebihi kapasitas tangki kendaraan tergolong penimbunan, dan bisa dipidanakan. Komisi VII juga merekomendasikan ke Pertamina, untuk mengevaluasi ijin SPBU yang masih melayani pembelian semacam itu.

Di wilayah Jawa, modifikasi tangki kendaran sangat mencolok dan mudah diketahui. Berbeda dengan di luar Jawa, sehingga konsen pengawasan Komisi VII lebih besar di wilayah tersebut.

TBBM Tuban sebagai terminal BBM terbesar kedua dari sisi kapasitas di Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, bertugas menyalurkan BBM ke SPBU wilayah Tuban, Lamongan, Bojonegoro, Rembang, Gresik, dan Cepu. Sekaligus menopang cadangan untuk Indonesia Timur, diantaranya Makassar, Wamena, Kupang, dan Bau-bau.

"Distribusi ke SPBU ini diantisipasi digitalisasi nozzle yang merupakan teknologi baru diinisiasi Pertamina. Apakah yang diberikan TBBM yang subsidi sudah tepat atau ada penyalahgunaan," tegas Ratna.

Adapun pengawasan langsung ke SPBU wewenang BPH Migas, selaku pemilik fungsi pengawas distribusi BBM khususnya subdisi.

Pertamina sendiri menargetkan digitalisasi nozzle bisa selesai pertengahan tahun ini. Dilansir dari situs resmi Pertamina, Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina (Persero), Mas’ud Khamid mengatakan dari total lebih dari 5.000 SPBU yang akan digitalisasi, saat ini sekitar 3.000 sudah terlaksana.

"Sisanya akan dikebut hingga 2020 ini," sambungnya.

Melalui digitalisasi SPBU, penyaluran BBM dari tiap nozzle atau selang SPBU dapat tercatat secara akurat dan mendekati waktu faktual. Sehingga konsumen mendapat manfaat peningkatan kepastian takaran.

Pertamina juga dapat meningkatkan pengawasan atas penyaluran BBM. Sistem ini terintegrasi secara nasional hinga dapat dimonitor di pusat. [ali/ito]

Tag : pertamina, tbbm, tuban, spbu, ratna juwita



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more