17:00 . Hibah Keagamaan Tuban 2022 Totalnya Rp4,75 Milyar, Insentif Ribuan Guru TPQ Telah Ditransfer   |   16:00 . KPU Jatim: Regulasi, Teknologi dan Kepemiluan Harus Dikuasai Seluruh Devisi KPU   |   15:00 . Makam Sakral di Desa Pakis Tuban Konon Mertua Ronggolawe   |   14:00 . Pemotor Tewas di Jalan Pantura Tuban Usai Menabrak Truk Parkir   |   13:00 . Persatu Tuban Diperkuat 13 Pemain Lokal, Pelatih Medy : Masih Kurang 12 Pemain Lagi   |   12:00 . Ini Rute Menuju Bukit Lei Tuban, Lokasi Liga Paralayang Jatim Seri 2   |   10:00 . Gubernur Khofifah dan Bupati Lindra Apresiasi Pasar Murah Ika Unair Tuban   |   09:00 . Harga Cabai dan Bawang Merah Tuban Anjlok, Sayur Mayur Merangkak Naik   |   08:00 . Sinopsis dan Deretan Artis di Film Horor Jailangkung Sandekala   |   07:00 . Ikuti Laga Persahabatan Trofeo Tuban, Cara TPPI FC Jaga Kebugaran Karyawan   |   06:00 . Prediksi Cuaca Tuban 26 September 2022: Sebagian Berawan   |   05:00 . Pengunjung Main Sepuasanya dengan Ikan Mas di Wisata Pelang Tuban   |   16:00 . Kondisi Akses Jalan di Desa Patihan Tuban Dikeluhkan Warga   |   15:00 . Kalpataru, Peninggalan Sunan Bonang Tuban Mengandung Pesan Kedamaian   |   14:00 . Enam Museum Indonesia Pamerkan Benda Bersejarah di Tuban   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Isi Cuti Bersama dengan Panen Kerapu

bloktuban.com | Tuesday, 24 December 2019 14:00

Isi Cuti Bersama dengan Panen Kerapu

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda memanen ikan kerapu macan milik kelompok budidaya ikan kerapu binaan Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Tuban di Desa Bancar, Kecamatan Bancar, Selasa (24/12/2019).

Bupati Tuban didampingi istri, Komandan Kodim 0811/Tuban, Kepala Diskanak Kabupaten Tuban, bersama-sama menaiki kapal untuk meninjau dan memanen ikan kerapu langsung dari keramba apung laut. Selanjutnya juga dilakukan penebaran benih di keramba apung lainnya.

Kegiatan panen ikan kerapu ini juga diikuti Kepala Diskominfo dan Kepala DPKP Kabupaten Tuban, Camat bersama Forkopimca Bancar, Pusat studi pesisir kelautan Universitas Brawijaya, anggota PKK Kabupaten Tuban, dan nelayan binaan Diskanak Kabupaten Tuban.

Bupati dua periode mengatakan tujuan kegiatan ini untuk mengetahui secara langsung hasil budidaya ikan kerapu dari sisi ekonomi. Sekaligus kontribusinya di masyarakat di Kabupaten Tuban.

"'Sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama nelayan," tuturnya.

Bupati Huda menyatakan akan dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan budidaya ikan kerapu macan ini. Akan dihitung nilai ekonomisnya juga. Juga dipertimbangkan potensi dan keberlangsungan (sustainable) budidaya ikan kerapu macan itu sendiri.

Perlu diperhatikan pula terkait biaya produksi, total penjualan, dan omzet dari nelayan yang mengikuti program tersebut, sehingga dapat diketahui apakah program itu berhasil atau tidak.

"Jika memang memungkinkan, akan dikembangkan dengan 10 keramba sehingga dapat dilakukan panen setiap satu bulan sekali," imbuh Muhtasyar NU Tubanm

Sementara itu, Kepala Diskanak Tuban, M. Amenan menerangkan kegiatan panen ikan kerapu macan telah dilakukan sebanyak 4 kali, dengan bobot ikan sekitar 500-700 gram.

Untuk sekali panen kurang lebih 5-6 bulan, dengan menghitung harga jual ikan sebesar Rp 85 ribu per kilogram maka akan diperoleh pendapatan bersih sekitar 45 sampai 50 juta.

"Per bulan akan memperoleh pendapatan sekitar 9 juta. Dapat dikatakan budidaya ini sangat menguntungkan," jelasnya.

"Kelompok binaan Diskanak Tuban telah memiliki 5 keramba. Masing-masing keramba terdiri dari 8 kotak budidaya dengan sebaran benih sekitar 3.500 sampai 4.000 benih. Salah satunya adalah yang kita panen sekarang ini," ujarnya.

Usai memanen dan menebar benih ikan kerapu macan, Bupati Tuban bersama rombongan menyempatkan mengunjungi Sentono Water Park di desa Bancar. Objek wisata ini merupakan inovasi desa Bancar yang dikelola bersama warga desa. [ali/ito]

Tag : Panen, ikan, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 20 September 2022 05:00

    Opini

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ?

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ? Ada celetukan yang sering muncul di antara teman-teman pelatih olahraga begini, latihan terus menerus tanpa bertanding itu sama artinya dengan merasa hebat tapi tidak teruji dan terbukti. Latihan terus tanpa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat