TPA Kelurahan Gedongombo Terbakar, Api Diduga Dari Putung Rokok

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang berada Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Selasa (22/10/2019) terbakar.

Api yang membakar area TPA tersebut diduga pertama kali muncul dari putung rokok warga yang kebetulan melintas di jalan. Dan merembet ke dinding tampungan sampah hingga membuat api semakin membesar.

"Diduga kebakaran terjadi lantaran ada orang yang membuang putung rokok saat lewat jalan samping TPA," terang Kepala Plt Badan Penanggulngan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Emil Pancoro.

Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa. Kendati begitu, petugas PMK yang menerima laporan tersebut langsung mengerahkan Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) guna untuk melakukan upaya pemadaman.

"Kebakaran dapat di atasi oleh petugas dengan mengerahkan satu unit Fire Truk dan dua Tanki Suplay di bantu alat berat excavator dan dibantu Babinsa dan pengurus TPA setempat," pungkas Emil.

Setelah petugas melakukan upaya pemadaman kurang lebih dua jam api yang membakar area TPA tersebut berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa maupun materil dalam kejadian tersebut.[hud/ito]