07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   20:00 . Pemkab, Salurkan Bantuan untuk Korban Gunung Semeru   |   19:00 . Jadi Percontohan Vaksin di Tingkat Kabupaten, Ini Kunci Kesuksesan Glodog   |   18:00 . Mendag: Sukses Beradaptasi, Bisnis Waralaba Jadi Tuan di Negeri Sendiri   |   15:00 . Babak Pertama, Persatu Tertinggal 1-0 dari Persewangi   |   14:00 . Momen HDI, Bupati Tuban Halindra Kabarkan Perkembangan Raperda Difabel   |   13:00 . PPKM Level 3 se-Indonesia Batal, Disiplin Prokes di Pasar Tradisional Tuban Digalakkan Lagi   |   12:00 . Masyarakat Tuban Mulai Antusias dan Tak Takut Ikut Vaksin   |   10:00 . TPPI Latih Pelaku UMKM Tuban Pemasaran dan Pengelolaan Keuangan   |   09:00 . Lima Inovator SIG Pabrik Tuban Juara Pertama Award on Innvation 2021   |   08:00 . 100 Perempuan Pelaku Usaha Kuliner dan Kreatif Tuban Berdaya Selama Pandemi Covid-19   |   07:00 . Jangan Dimarahi, Ini 5 Tips Membentuk Kepribadian Anak yang Disiplin   |   21:00 . Satpol PP Peringatkan PKL yang Sengaja Tinggalkan Gerobaknya di Trotoar   |   20:00 . Selama Pandemi Data Pemilih Tuban Bertambah Menjadi 942.644 Orang   |   19:00 . Tidak Perlu Takut, TB Bisa Sembuh dengan Rutin Minum Obat Selama 6 Bulan   |  
Wed, 08 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Laut Jatim

bloktuban.com | Monday, 10 June 2019 16:00

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Laut Jatim

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - BMKG kembali mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi di Laut Utara Jawa bagian Timur. Gelombang tinggi 1,25-2,5 meter berpeluang terjadi mulai 10-13 Juni 2019 pukul 07.00 Wib.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Tanjung Perak Surabaya, Taufiq Hermawan dalam keterangan tertulis yang diterima blokTuban.com, pada Senin (10/6/2019) menjelaskan, gelombang tinggi berawal adanya pola sirkulasi di Perairan Timur Laut Halmahera.

Pola angin di wilayah equator umumnya dari Timur-Tenggara dengan kecepatan 4-15 Knot. Sedangkan di wilayah Selatan equator umumnya dari Timur-Tenggara dengan kecepatan 4-25 Knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Pulau Enggano hingga Selatan Jawa, P. Sawu-P. Rote, Laut Timor, Perairan Sulawesi Tenggara, Laut Banda, Perairan Kepulauan Semata-Kep. Tanimbar, Perairan Selatan Kep. Kei-Kep. Aru, Laut Arafuru, dan Perairan Yos Sudarso-Merauke.

"Kondisi ini menyebabkan peningkatan tinggi gelombang di wilayah tersebut," ucap Taufiq.

Lebih dari itu, Taufiq berharap semua pihak memperhatikan risiko keselamatan pelayaran. Mulai dari perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 Knot dan tinggi gelombang diatas 1,25 meter. Kapal Tongkang dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.

Kapal Ferry (kecepatan angin lebih dari 21 Knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter). Sedangkan kapal ukuran besar seperti Kapal Kargo dan Pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter.

"Seluruh masyarakat dan pelayaran di sekitar Laut Jawa tetap selalu waspada," pintanya.

Adapun secara khusus kondisi di Laut Kabupaten Tuban, potensi gelombang tinggi berpeluang terjadi selama lima hari berturut-turut mulai 11-15 Juni 2019. Ketinggian gelombang kisaran 0,25-2,5 meter. [ali/rom]

Tag : BMKG, Cuaca, prakiraan cuaca, gelombang, gelombang laut tuban, tuban, laut



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more