Festival Tongklek PAC IPNU-IPPNU Soko Dimeriahkan Grup Karesidenan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Dalam semarak gema Ramadhan, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) -Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Soko, kembali mengadakan festival tongklek yang diikuti sejumlah perwakilan grup wilayah Karesidenan, Bojonegoro, Tuban, dan Lamongan.

Lebih dari 20 peserta grup tongklek yang didominasi dari dalam wilayah Kabupaten Tuban, memulai start di Lapangan Losari. Mereka menempuh jarak sekitar 2 km dengan rute mengelilingi jalan lingkungan Dusun Losari, dan kembalin finish di titik awal pemberangkatan.

Ketua PAC IPNU Soko, Ali Sodikin dalam hal ini menyampaikan rasa terimakasih kepada para peserta yang telah hadir menyemarakkan Festival Tongklek PAC IPNU-IPPNU Soko 2019 ini.

"Alhamdulillah festival tongklek kali ini lancar dan sukses. Pesertanya dari Tuban, Bojonegoro, dan Lamongan," ungkapnya kepada blokTuban.com di sela acara.

Dalam festival yang menyediakan total hadiah jutaan rupiah, tropi, dan sertifikat bagi peraih juara 1,2,3 serta juara harapan, peserta festival tongklek diwajibkan menampilkan lagu Syubanul Wathan dengan disertai iringan kentongan, serta alat musik tradisional non elektrik.

Alunan musik tradisional khas tongklek yang diselingi lagu shalawat, lagu jawa, dan semi modern pun menghibur masyarakat sekitar Kecamatan Soko yang tumah ruah dijalanan.

Dari awal mulai festival Minggu (26/5/2019) malam sekitar pukul 20.00 WIB dan berlangsung hingga Senin (27/5/2019) dini hari, rute festival tongklek yang biasanya cukup diterangi lampu temaram pun semakin berwarna, sebab pernik lampu hias para peserta tongklek diserta dekor grup yang berbinar indah.

"Kedepan, semoga terselenggara lebih sukses dan lebih meriah lagi dibanding sekarang," tambah Ali.

Selain festival Tongklek, PAC IPNU-IPPNU Soko juga membuat sejumlah rundown acara spesial Ramadhan, seperti peringatan Nuzulul Quran, dan santunan anak yatim. [feb/rom]