Pedagang Tajil Bikin Macet, Dishub Baru Memantau

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Menjelang sore hari pada bulan ramadan, beberapa jalan yang ada di Tuban kota beralih fungsi menjadi pasar dadakan yang menjual beraneka ragam menu untuk buka puasa.

Hal tersebut yang menjadikan beberapa jalan menjadi macet saat sore hari. Mengetahui hal tersebut, Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban (Dishub) akan melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan Satlantas Porles Tuban, Selasa (7/5/2019).

Pasar dadakan tersebut berada di beberap jalan, di antaranya Jalan Ronggolawe, Jalan Pemuda, Jalan KH. Mustain, Jalan Basuki Rahmad dan Jalan Sunan Kalijaga. Hal tersebut yang menyebabkan kemacetan di sore hari, terutama yang ada di Jalan Sunan Kalijaga.

Kasi rekayasa lalulintas, Dishub Tuban, Y. Imam Isdarmawan mengatakan, pedagang takjil yang ada di beberapa jalan di Tuban kota  merupakan pedagang dadakan setiap bulan ramadan.

Ia meperkirakan satu sampai dua hari kedepan kondisi lalu lintas masih kondusif, orang mempunyai niatan untuk berjulan di hari ke tiga atau minggu ke dua. untuk itu akan melakukan pemantaun terlebih dulu, apabila kondisinya sudah kurang kondusif akan langsung turun ke lapangan.

"Satu sampai dua hari ini saya rasa kondisinya masih kondusif, tapi tetap kita pantan," ungkap Imam.

Lebih lanjut, sebelum melakukan pemantauan, telebih dulu pihaknya berkoordinasi dengan Satlantas Porles Tuban, dan untuk kemacetan yang ada di Jalan Sunan Kalijaga ia akan melakukan koordinasi dengan pos polisi yang ada di dekat gor.

Dishub hanya akan melakukan penertiban di jalur lalulintas, perihal pedagang bukan bidang Dishub.

"Kita akan melakukan penataan pada lalulintasnya agar masyarakat merasa nyaman saat melewati daerah tersebut," ungkapnya. [nid/rom]