Ibu-Ibu PKK se-Kecamatan Soko Ikuti Lomba Rangkai Toga

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Puluhan Ibu-ibu Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) se-Kecamatan Soko tampak antusias mengikuti Lomba Merangkai Tanaman Obat Keluarga (Toga).

Agenda yang dipusatkan di Aula Kecamatan Soko itu, merupakan salah satu bentuk kerjasama TP PKK Kecamatan Soko dan Dharmawanita Persatuan Kecamatan Soko dalam peringatan Hari Kartini dan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). 

Ketua TP PKK Kecamatan Soko, Ani Suwito dalam hal itu menuturkan, peringatan Hari Kartini sekaligus Hardiknas sengaja dikemas sedemikian rupa guna memperluas wawasan dan eksplorasi PKK Desa, tentang Toga.

"Mereka bisa mencari tahu lebih, tentang bagaimana karakteristik tanaman obat tertentu yang bisa ditangkap dengan indah tak kalah dengan tanaman bunga pada umumnya," ungkapnya kepada blokTuban.com, Jumat (3/5/2019).

Menurutnya, agenda itu lebih mengambil output tersendiri untuk memperdalam eksplor Toga. Sebab, adapun program pemanfaatan pekarangan pada PKK yang memiliki hubungan untuk memperluas pengetahuan.

"Pesertanya seluruh PKK Desa se-Kecamatan Soko, perwakilan Dharmawanita dan Instansi Kecamatan Soko," tambahnya.

Lomba Merangkai Toga juga mendapat apresiasi tersendiri bagi tim juri penilai. Juri utama yang juga sebagai Istri Danramil Soko tersebut menerangkan jika eksplorasi Toga dapat menjadi modal penambahan nilai perekonomian. Selain mempercantik tanaman, tanaman toga dapat digunakan untuk kebutuhan jamu yang kemudian bisa dijual secara umum. [feb/lis]