5 Hari ke Depan Gelombang Laut Tuban Kurang dari 1 Meter

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - BMKG Maritim Perak Surabaya memprakirakan selama lima hari kedepan mulai tanggal 24-28 Februari 2019, tinggi gelombang di Laut Utara Kabupaten Tuban, Jawa Timur hanya 0,75 meter. Bagi pengguna perairan khususnya nelayan dihimbau tetap hati-hati selama melaut, dan waspada saat ada perubahan cuaca yang signifikan.

"Ikuti terus informasi cuaca BMKG sebagai penunjang kegiatan masyarakat setiap harinya," ujar Prakirawan Ratna Cintya Dewi atas nama Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Surabaya, kepada blokTuban.com, Sabtu (23/2/2019).

Gelombang laut di atas satu meter hanya terjadi di dua titik. Yaitu perairan selatan Jawa Timur dan Samudra Hindia Selatan Jatim. Selebihnya masih aman karena di bawah satu meter.

Sementara rilis dari Deputi Bidang Meteorologi Mulyono R. Prabowo, menjelaskan peningkatan curah hujan diprediksi akan terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia.

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain adanya sirkulasi siklonik di sekitar wilayah Sumatera dan sirkulasi tertutup di Kalimantan Barat dan Selat Makasar yang membentuk belokan dan pertemuan angin yang menyebabkan massa udara akan cenderung terkonsentrasi di wilayah tersebut.

Kondisi udara yang relatif lebih lembap juga mendukung pertumbuhan awan-awan hujan. Diprakirakan keadaan ini akan berlangsung hingga 3 hari kedepan.

Selanjutnya, aktivitas sirkulasi ini akan menurun dan digantikan dengan area pertemuan/ belokan angin yang memanjang dari wilayah Sumatera hingga Jawa yang terbentuk karena sirkulasi siklonik di wilayah Australia bagian Utara. Area pertemuan/ belokan angin ini juga akan mendukung pertumbuhan awan.

"Jawa Timur berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 26-28 Februari," tutupnya. [ali/ito]