Pertamina EP Dorong Konservasi Bakau di Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com -PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan SKK Migas, mempunyai tugas mencari sumber  minyak dan gas demi mendukung pencapaian target produksi minyak dan gas yang sudah ditetapkan. 

Sejalan dengan hal tersebut, PT Pertamina EP (PEP) juga menjalankan program-program yang mendukung kelestarian lingkungan dan konservasi sumber daya alam. 

Salah satunya diwujudkan melalui unit Asset 4 Sukowati Field, yang mempunyai komitmen untuk menanam pohon bakau (mangrove) dan cemara yang ditanam di pesisir pantai utara (pantura) Desa Jenu Kecamatan Tuban. 

Sebanyak kurang lebih 4.000 (empat ribu) batang pohon telah ditanam bekerjasama dengan Mangrove Center tahun 2018 dengan total kurang lebih 12.000 (dua belas ribu) batang pohon yang dirintis dari tahun 2016. 

Kegiatan tersebut membuahkan hasil berupa pertumbuhan tanaman Bakau sebesar kurang lebih 200 cm yang ditanam pada tahun 2016 dan tahun 2017 dan tingkat perkembangan kurang lebih 80 Persen. 

Public Relation Manager PT Pertamina EP Hermansyah Y Nasroen menjelaskan bahwa program penanaman bakau merupakan bentuk kepedulian Perusahaan terhadap lingkungan. 

Pananaman bakau bertujuan untuk mencegah abrasi kawasan pantai dari gerusan gelombang saat air pasang.

“Diharapkan dengan adanya penanaman mangrove, maka ekosistem laut tumbuh, biota laut dapat kembali muncul, selain itu penanaman yang telah dilaksanakan dapat menyelamatkan ekosistem pesisir pantai,” ungkapnya. 

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa wujud kepedulian pesisir pantai Tuban merupakan salah satu bentuk komunikasi guna menjaga hubungan baik dengan pemangku kepentingan terkait. 

Hal ini sejalan dengan visi dan misi untuk menjalankan kegiatan operasional dengan memberikan nilai tambah bagi stakeholder. [col]