Ikan Asap Jadi Oleh-oleh Khas Tuban saat Liburan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Musim liburan tahun ini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berkunjung ke tempat wisata, maupun ke kampung halaman. Tak jarang dalam perjalanan, masyarakat membawa barang bawaan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. 

Seperti yang terlihat di lapak Pasar Ikan, di Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Karangsari, Tuban. Di pasar ikan tersebut, rata-rata masyarakat menjajakan ikan asap khas Kabupaten Tuban.

Salah sorang pembeli, Agus mengatakan sengaja membeli ikan asap untuk oleh-oleh keluarganya di rumah. Dia mengaku jika keluarganya senang dengan ikan asap tongkol.

"Ya ini beli ikan asap tongkol untuk keluarga di Bojonegoro, harganya ekonomis," jelas Agus.

Sementara itu salah satu pedagang, Erni menjelaskan, harga ikan bervariatif tergantung jenis ikan asap yang dijual. Seperti contoh ikan tongkol ukuran kecil Rp10.000, sedangkan untuk ukuran sedang harganya Rp15.000, dan besar harganya Rp30.000. 

Di samping itu ada juga ikan dorang mulai harga Rp25.000-40.000, ikan salem tiga ekor Rp35.000. Jika dijual perekor Rp10.000. "Untuk harga ikan beragam, tergantung jenis dan ukuran," ujarnya. 

Dijelaskan pula, jika hari sepi tidak saat liburan, omzet penjualan bisa mencapai Rp300.000. Namun, jika ramai seperti sekarang ini bisa mencapai lumayan hingga jutaan.[hud/col]