12:00 . Tips Memulai Bisnis Bucket Snack Kekinian   |   10:00 . Relawan Tambakboyo Tuban Galang Bantuan Korban Erupsi Semeru   |   07:00 . Gejala Infeksi Luka Jahitan yang Wajib Diketahui dan Cara Menanganinya   |   20:00 . Jarak Luncur Guguran Lava Pijar Gunung Semeru 500-800 Meter   |   19:00 . Kelompok Informasi Masyarakat Tersosialiasi di 11 Kecamatan Tuban   |   18:00 . Puluhan Menu Tersaji di Festival Masakan Khas Tuban, Wakili Sisi Utara, Tengah dan Selatan   |   17:00 . Langkah Pemerintah Deteksi Omicron, Testing dan Tracing Perjalanan Internasional   |   16:00 . WHO Jelaskan Omicron, Kemenkes Minta Masyarakat Tidak Panik   |   12:00 . All Out Dukung Tim Kebanggaan, Suporter Persatu Tuban Adakan Gerakan Penggalangan Dana   |   11:00 . Alumni SMK TJP Tuban Perkuat Indonesia di Kompetisi Pengelasan Internasional¬†   |   10:00 . Pindah Tugas ke Banda Aceh, Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon Pamitan   |   08:00 . Pengelolaan JDIH Tuban Masuk 10 Besar Terbaik Nasional   |   07:00 . Mengenal Tantrum Anak, Serta Bagaimana Cara Menanganinya   |   21:00 . Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Natal dan Tahun Baru   |   20:00 . Pekerja yang Bekerja di Harus Terapkan Sistem Perlindungan   |  
Sun, 05 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Begini Alasan Danau Biru Ditutup Selamanya

bloktuban.com | Tuesday, 25 December 2018 19:19

Begini Alasan Danau Biru Ditutup Selamanya

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Semenjak ditutup hampir sekitar 2 tahun yang lalu, keadaan Danau Biru yang ada di Desa Kesamben, Kecamatan Plumpang kini tampak horor terbengkalai. Semak, belukar, serta sejumlah tanaman liar memenuhi akses jalan hingga lokasi danau tersebut.

Terdapat sebuah alasan pasti, mengenai destinasi wisata alam bekas galian C itu ditutup dan tak akan pernah dibuka selamanya. Usut punya usut, danau yang juga disebut dengan danau curuk yang memiliki kedalaman maksimal sekira 8 meter itu pernah menelan korban.

Siapa sangka, danau dengan keteduhan pohon dan tanaman rindang disertai pemandangan lanskap bukit kapur itu pernah memakan korban jiwa. 

"Pernah ada orang tenggelam. Kejadian itu sekitar 3 tahun yang lalu. Pengunjung ingin bermain air di danau, tapi nggak bisa berenang," ulas Asmulan (58) selaku Pengelola Danau Biru menceritakan masa lalu.

Bahkan dia sempat dibawa ke pihak berwajib keamanan Plumpang saat kejadian itu guna dimintai keterangan. Lewat pelbagai pertimbangan, akhirnya Asmulan bersepakat untuk menutup wisata danau itu.

"Secepatnya harus ditutup ya Pak," kata Asmulan menirukan imbauan dari Polsek Plumpang yang bermaksud agar tak menimbulkan korban jiwa lagi.

Di sisi lain, memang berat hati untuk melakukannya. Menutup, meniadakan tempat yang pernah memberikan rasa nyaman dan bahagia para pengunjung yang datang dari berbagai wilayah Kabupaten Tuban.

"Ya, mau gimana lagi. Timbang makan korban lagi, atau ada hal yang gak diinginkan, mending ditutup saja lah. Monggo kalau mau survei tempatnya lagi, lihatlah kondisi sekarang," pungkasnya kepada blokTuban.com, Selasa (25/12/2018) yang seketika itu hujan deras melanda seluruh wilayah bekas galian tambang C. 

Kini, tak ada lagi wujud wisata Danau Biru Kesamben yang hanya muncul dan ramai ketika musim penghujan tiba. Hanya ada sedikit memori bergambar tentang Danau Biru, Danau Curuk, ataupun Green Lake Jowo pada penelusuran web di google. Sebab diketahui, danau bekas galian tambang itu hanya terisi air penuh dan bisa dikunjungi hanya pada waktu tertentu. Dan kini sudah tertutup secara otomatis lewat alam yang dibantu belukar rimbun menyelimutinya. [feb/col] 

Tag : biru, danau



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more