Demam Mirorrles Dominasi Kalangan Muda

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sejak muncuknya teknokogi pengabadi momen kejadian, kamera digital makin berkembang mengikuti perkembangan zaman. Setelah 5 tahun belakangan, kamera digital jenis DSLR banyak diburu berbagai kalangan, kini giliran kamera jenis Mirorrless yang mulai muncul lagi di kalangan pemuda.

Berdasarkan penggolongannya, kedua jenis kamera digital ini, baik Digital Single Lens Reflex (DSLR) maupun Mirorrless merupakan keluarga Interchangeable Lens Camera (ILC). Namun begitu, Mirrorless inilah yang merupakan versi ringkas dari pada ILC yang lensanya bisa digonta ganti.

Dengan mengusung konsep body ekonomis nan ringkas, tak sedikit pemuda zaman now yang suka berkarya lewat photo maupun video mengincar produk Mirorrless.

"Mirorrless itu mudah dibawa, simple. Cocok buat tour atau liburan," ujar salah satu pengguna kamera ringkas itu, Nana kepada blokTuban.com, Jumat (26/10/2018).

Dara asal Kecamatan Jatirogo itu menambahkan, keringkasan kamera yang menghilangkan pemantul cahaya sehingga kontruksinya pun lebih sederhana tersebut yang menjadi pembeda dengan kamera DSLR.

"Tak repot bawa kamera yang berat-berat. Modelnya juga kece. Banyak pilihan dan model," tambahnya.

Penghobi fotografi lain, Bahrul juga menuturkan hal senada. Tren kamera Mirorrless menjadi buruan baru bagi kalangan generasi milenial. Dengan style mode kekinian, kamera tipis dan fleksibel tersebut banyak mengalihkan perhatian pengguna kamera DSLR dan beralih ke jenis Mirorrless.

"Kalau yang hobi fotografi dan pemula, pasti sudah banyak yang cari referensi dan beli Mirorrless. Di satu sisi, Mirorrles lebih ringkas dan enak dibawa. Tapi, juga masih banyak yang tetap di DSLR. Tergantung minat dan kebiasaan juga sih sebenarnya," ungkapnya. [feb/ito]