Makin Sepi Pengunjung, Pedagang Pantai Cemara Mengeluh

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sejak viralnya gambar dan video tak senonoh sepasang pemuda yang sempat menghebohkan publik Tuban, di bilik cinta (gubuk) sekitar Pantai Cemara, rupanya membawa imbas tersendiri bagi pedagang yang memiliki warung di pantai tersebut.

Salah satu pantai yang sering dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar daerah itu makin sepi, sebab beredar info tak sedap perihal perilaku tak terpuji. Sontak saja, kebanyakan pemilik usaha makanan di sana mengeluhkan pendapatan yang kian menurun.

"Sepi hari-hari ini. Sejak ada berita gubuk tertutup itu, pengunjung tak begitu ramai seperti hari biasanya," ungkap salah satu pemilik warung di Pantai Cemara Sugiwaras, Mbak Tun kepada blokTuban.com, Jumat (5/10/2018).

Pedagang asal Kelurahan Karangsari Tuban itu juga menambahkan, sebelum diterpa kabar tak sedap, saat hari normal sangat mudah mendapatkan uang Rp150.000 bahkan bisa lebih. Namun, belakangan ini malah susah mendapat pelanggan.

"Biasanya cari uang Rp100 ribu sehari sangat mudah, kalau belakamgan ini malah jarang ada pengunjung. Mentok ya dapat Rp70 ribu sampai Rp90 ribu saja, kadang nihil," terangnya.

Seorang warga yang biasa berkunjung ke Pantai Cemara, Andre sangat menyayangkan hal itu. Adanya perilaku menyimpang tak elok di publik, ulah beberapa orang bisa merusak citra wisata yang tengah dalam proses menuju peningkatan kualitas itu.

Dampaknya, para pedagang, pengelola wisata, anggota Pokdarwis, Karang Tatuna, pemerintah terkait, juga citra Tuban sebagai kota Bumi Wali juga ikut kena getahnya.

"Harusnya dibuatkan fasilitas istirahat bisa digunakan semestinya, jangan disalahgunakan. Dampaknya bisa merugikan banyak pihak seperti ini," kata lelaki asal Kelurahan Kutorejo Tuban tersebut. [feb/rom]