15:00 . Jokowi Longgarkan Prokes, Penjual Masker di Tuban Masih Bertahan   |   14:00 . Akibat Cuaca Buruk, Harga Ikan di PIT Naik!   |   13:00 . Libur Akhir Pekan, Pengunjung Wisata Pantai Remen Tuban Capai 2.000 Orang   |   12:00 . Terlanjur Nyaman, Sebagian Masyarakat Tuban Enggan Lepas Masker   |   11:00 . Ini Tiga Tokoh Kunci pada Mitos Goa Ngerong   |   10:00 . Pengelola Mangrove Center Tuban Keluhkan Fenomena Banjir Rob   |   09:00 . Warga Prunggahan Kulon Ditemukan Tewas di Bekas Tambang, Ini Kronologinya!   |   08:00 . Orangtua, Ini Tips Mendorong Anak untuk Mau Mengonsumsi Makanan Sehat   |   18:00 . Jatim Series Jember Jadi Evaluasi Rider ISSI Tuban Sebelum Porprov 2022   |   17:00 . Suzuki Baleno Kecelakaan Karambol Libatkan Dua Truk   |   16:00 . Jembatan Glendeng Resmi Ditutup, Pemotor Pilih Jalan Alternatif   |   15:00 . Jokowi Serukan Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri di Peluncuran Gernas BBI   |   14:00 . Hanya 2 Jam, 134 Anak di Tuban Selesai Dikhitan Massal   |   13:00 . PKL Taman Sleko Tuban Diminta Tak Ganggu Pengguna Jalan   |   12:00 . Ketakutan Warga Gesikharjo Sandarkan Kapalnya Dekat Makam Asmoroqondi   |  
Mon, 23 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

MTs Negeri Tuban Kunjungi Pameran Gumregah

bloktuban.com | Wednesday, 03 October 2018 15:00

MTs Negeri Tuban Kunjungi Pameran Gumregah

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Selain memiliki makna sebagai kebangkitan bersama sekaligus tolak ukur dalam pandangan Kota Tuban di masa depan melalui kesenian, Pameran Seni Tupa Tuban Gumregah juga dapat sebagai tambahan motivasi belajar para generasi muda yang masih berproses, baik dalam konteks umum, mahasiswa, sampai pelajar.

Seperti yang terlihat Rabu (3/10/2018) siang tadi misalnya. Sejumlah murid dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Tuban tengah berbondong, memadati pameran seni rupa yang dipusatkan di Gedung Budaya Loka Tuban.

Kedatangan mereka secara serentak adalah dalam rangka study ekspansi seni budaya, dengan memaksimalkan agenda pameran yang rutin tiap tahun diadakan dalam bingkai Tuban Art Festival (TAF) oleh Dewan Kesenian Tuban (DKT).

"Senang sekali bisa berkunjung dan belajar kesini. Ini baru pertama kali kesini, dan dapat tugas kesenian dari guru kita," ucap Eka Nur S, salah satu siswi kelas VIII B MTs Negeri Tuban.

Dia juga mengaku baru pertama kali mendatangi pameran seni rupa di Budaya Loka itu. Adapun agenda serupa, namun dikemas lebih minimalis digiatkan oleh sekolah, yakni pameran seni. Akan tetapi, pengalaman datang dan bertemu langsung dengan pelukis maupum pencipta karya seni adalah kegembiraan tersendiri bagi dia beserta kawannya.

"Jadi disini kita lihat karya seni dan memotretnya. Kemudian, dikumpulkan data gambar dengan judul dan nama pembuat karya," tambahnya.

Senada yang dipaparkan oleh Labibah Nadia A, gadis berusia 15 tahun itu mengaku jika sangat suka dan betah berada dal pameran seni rupa Gumregah tersebut. Banyak karya seni lukis jenis digital painting, Abstrak, Ekspresionis, Kaligrafi, Lanskap, hingga seni patung dam instalasi bisa dipelajarinya dari sana.

"Jadi pengen busa buat lukisan dan seni rupa semacam ini. Semoga tahun depan bisa ada lagi, dan lebih bagus," ungkap siswi yang kerap disapa Labibah itu.

Salah satu seniman perupa lukis, Robert Santari mengaku bangga dan mengapresiasi siswa-siswi yang telah berkunjung ke pameran. Kegiatan positif dalam pbelajaran seni budaya daerah dengan dipadukan study ekspensi, akan membawa dampak wawasan seni rupa yang lebih bagi peserta didik.

"Mereka akan tahu dunia kesenian, khususnya lukis. Kunujungan meteka adalah nilai edukasi yang harus sering digiatkan. Sebab, kunjungan anak-anak ini bisa membangun apresiasi seni lukis jangka panjang," jelas Robert kepada blokTuban.com. [feb/ito]

Tag : gumregah, pameran, seni, rupa, pelajar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more