Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bertepatan dengan Hari Kunjung Perpustakan yang jatuh pada 14 September 2018, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban, Joko Prijono berharap, Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Tuban maupun perpustakaan yang ada di masing-masing kecamatan bisa lebih memberdayakan masyarakat.

"Dalam rangka hari kunjung perpustakaan ini, diharapkan perpustakaan lebih berdaya dan banyak dikunjungi oleh masyarakat," kata Joko saat dikonfirmasi blokTuban.com, Jumat (14/9/2018).

Menurutnya Joko, saat ini perpustakaan tidak hanya sebagai tempat meminjam dan membaca buku saja. Melainkan juga sebagai tempat untuk kegiatan memberdayakan masyarakat, seperti halnya sosialisasi dan pelatihan-pelatihan.

Maka dari itu, masyarakat diharapkan lebih sadar dengan adanya perpustakaan. Selain itu, masyarakat juga imbau lebih memaksimalkan fasilitas yang ada di perpustakaan guna untuk menunjang dan menambah pengetahuan serta wawasan.

"Sekarang perpustakaan tidak hanya meminjamkan buku saja, melainkan juga ada kegiatan yang melibatkan masyarakat," tambahnya.

Dia menambahkan, dalam rangka memeriahkan hari kunjung perpustakaan tahun 2018 ini. Perpusda Kabupaten Tuban berencana akan menggelar kegiatan bedah buku. Hal itu bertujuan untuk mendorong minat baca masyarakat.[hud/col]