Aksesoris Kokka Semakin Diminati Masyarakat

Reporter: M. Anang Febri


blokTuban.com - Aneka aksesoris perhiasan, untuk pria dan wanita banyak memiliki model dan bentuk yang unik untuk dikenakan. Perhiasan sejenis kalung, gelang tangan, gelang kaki, anting, maupun cincin biasanya sangat diminati masyarakat umum dalam bentuk emas dan perak.

Selain tren perhiasan emas maupun perak, ada juga yang tak kalah menarik dari sekedar fungsi perhiasan, yakni perhiasan dari akar kayu-kayu kokka. Perhiasan jenis gelang, kalung, lengkap beserta cincin dari komoditas hasil hutan tadi semakin banyak diminati masyarakat umum.

Salah satu penjual perhiasan pernik akar, Putra mengungkapkan, jika aksesoris olahan kayu kokka yang terkenal dengan karakter bertuah dari Timur Tengah tersebut memiliki sejumlah manfaat tersendiri bagi penggunan‎ya.

"Aksesori dari kayu kokka punya manfaat untuk mencegah kanker, peredaran darah makin lancar, dan juga manfaat magis lainnya," katanya kepada blokTuban.com, Minggu (9/9/2018).

Lelaki asal Kecamatan Jatirogo itu menambahkan, selain gelang, olahan kayu kokka atau juga disebut kauka bisa dibuat ‎sejenis tasbih, cincin atau akik, gelang utuh dan gelang buturan. Bentuk yang beragam, natural dan disusun rapi menambah nilai modis.

Sedangkan harga yang dipatok untuk sebuah perhiasan tersebut juga relatif murah, mengingat manfaat dan fungsinya bisa dirasakan lebih oleh penggunanya. Gelang kokka ukuran kecil hingga besar hanya dihargai antara Rp25.000 hingga Rp30.000 satu unitnya.

"‎Tergantung ukuran juga, tapi kalau cincin hanya Rp10.000," pungkasnya. [feb/col]‎