Dinkes Imbau Pembagian Daging Kurban dengan Pembungkus Alami

Reporter: Nidya Marfis H.


blokTuban.com - Besok merupakan Hari Raya Idul Adha yang jelas identik dengan bagi-bagi daging. Terkait hal ini, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban berharap pihak panitia kurban tidak menggunakan kantong kresek untuk wadah daging yang akan didistribusikan ke masyarakat.

Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban Hj. Endah Nurul Kumarijati, ST., M.Kes Menyampaikan bawanya Pihak Dinas Kesehatan sudah memberikan imbauan untuk tidak menggunakan Kresek karena kresek sendiri merupakan bahan daur ulang dari sampah.

"Saat ini belum ada larangan tapi sudah ada imbauan karena kresek kan dari bahan daur ulang sampah, dan kita belum tahu bahan apa saja yang diolah," ungkapnya.

Menurutnya, yang menimbulkan efek negatif adalah bahan kimia berbahaya misalnya logam berat spt Hg, Pb yang ada di dalam kantong kresek. Apabila zat-zat itu ikut masuk ke dalam tubuh manusia bersama makanan maka akan berdampak dalam jangka panjang.

"Alangkah baiknya mengunakan pembukus alami terlebih dahulu seperti daun atau di daerah tertentu ada yang ditaruh di bambu baru nanti dimasukan ke kresek," imbuhnya. [nid/lis]