19:00 . Wasit Keluarkan 2 Kartu Merah, Tim Salafiyah Kholidiyah Plumpang Lolos FInal   |   18:00 . Nurul Qur’an Bancar Kebobolan 8 Gol, Kesebelasan Mutholibul Huda Jenu Lolos Final   |   17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pertamina EP Tajak Sumur Wolai-001 Tepat HUT RI

bloktuban.com | Saturday, 18 August 2018 15:00

Pertamina EP Tajak Sumur Wolai-001 Tepat HUT RI

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Komitmen PT Pertamina EP selaku anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang hulu migas, sekaligus di bawah naungan SKK Migas dalam menambah cadangan migas terus ditingkatkan.

Kali ini tim eksplorasi PT Pertamina EP tengah menjalankan pemboran sumur eksplorasi berkode Wolai-001 (WOL-001) di Desa Uwelolu, Kecamatan Toili Barat, Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah.

"Alhamdulillah sumur eksplorasi Wolai-001 sudah dilakukan tajak sumur per 17 Agustus 2018 pukul 00.01 dinihari. Target pemboran membutuhkan waktu sekitar 73 hari dengan kedalaman 2.365 meter," ujar Nanang Abdul Manaf, President Director PT Pertamina EP, Sabtu (18/8/2018).

Lebih lanjut, Nanang menambahkan bahwa status pemboran sumur sudah mencapai kedalaman 395 meter per tanggal 18 Agustus 2018 dari target total 2.365 meter di bawah permukaan laut.

"Target yang kita harapkan dari sumur WOL-001 ini adalah gas sekitar 250 BCFD atau setara dengan 41.82 MMBOE dengan biaya sekitar USD 11 juta," ucap Nanang menambahkan.

Sumur eksplorasi WOL-001 ini dibor menggunakan Rig PDSI D1000E No.52 dengan kemampuan 1.000 HP dari PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI). Perusahaan tersebut merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang bergerak dibidang services untuk kebutuhan industri migas.

"Ini merupakan wujud sinergi positif antara anak perusahaan Pertamina Group. Dimana kemampuan Rig PT PDSI terbukti bisa bersaing dengan Rig dari perusahaan lain," kata Direktur Utama PT PDSI, Budhi N. Pangaribuan yang turut hadir dalam kegiatan kunjungan Manajemen di lokasi WOL-001.

Pihaknya juga berkomitmen untuk menuntaskan operasi pemboran ini dengan tetap mengedepankan aspek safety. "Kami siap untuk mensupport kebutuhan perusahaan migas di seluruh Indonesia," tandasnya.

Dalam kesempatan kunjungan ke lokasi Sumur WOL-001 tersebut, Nanang Abdul Manaf kembali menekankan pentingnya implementasi aspek safety. Karena kegiatan akan tidak berarti ketika ada rekan yang terkena insiden.

"Rekan-rekan yang bekerja di lokasi pemboran sumur eksplorasi WOL-001, saya himbau agar 11 Corporate Life Saving Rules HSSE diperhatikan. Jadi kita sangat perhatikan HSSE Golden Rules yaitu patuh, Intervensi, Peduli. Zero Incident Kita Bisa," tegas Nanang.

Selain itu, lanjut Nanang, pengidentifikasian pemilihan tipe lumpur pemboran juga harus diperhatikan. Harus dilaksanakan oleh tim cementing yang berpengalaman dan memiliki keahlian khusus mengingat karakteristik yang ada di Mentawai Formation, agar pemboran memperoleh hasil seperti yang diharapkan.

"Kita ini bekerja untuk negeri menghasilkan cadangan baru dan menghasilkan devisa bagi bangsa, maka operasi pemboran harus excellence dan effisien. Apabila kita bisa efisien dalam bekerja kita bisa menambah sumur baru dan mencari sumber cadangan baru," pungkas Nanang. [rof/rom]

ep

Tag : migas, pertamina ep



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat