Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Rapat pleno rekapitulasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) tahun 2018 telah selesai. Dari penghitungan berjenjang yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban memenangkan pasangan nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansah-Emil Dardak Listianto (Khofifah-Emil). 

Hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU pada Rabu (4/7/2018) kemarin hasilnya tidak jauh dengan hitung cepat yang dilakukan blokTuban.com, usai pencoblosan pada Rabu (27/6/2018) malam lalu.

Versi KPU Tuban, Khofifah-Emil mendapat 289.615 suara. Sedangkan pasangan Syaifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno mendapat 236.343 suara. 

Sementara versi hitung cepat blokTuban.com dari berbagai sumber waktu itu, pasangan calon (paslon) nomer satu meraup 290.061 suara, sedangkan paslon nomor urut dua meraih 237.301 suara. 

Kendati begitu, hasilnya sama Khofifah-Emil unggul di 18 kecamatan, sedangkan Gus Ipul-Puti hanya menang di dua kecamatan, yakni kecamatan Montong dan Jatirogo. 

"Hasil rekapitulasi dari 20 kecamatan sudah difinalkan, paslon nomor urut satu menang dari paslon nomor urut dua," kata Ketua KPU Kasmuri kepada sejumlah wartawan usai rapat pleno. 

Dari hasil tersebut, lanjut Kasmuri dari pihak pendukung masing-masing canon tidak ada yang keberatan. Sehingga hasil tersebut akan langsung dilaporkan ke pihak KPU Provinsi Jawa Timur. 

"Kedua pendukung tidak ada yang keberatan alias legowo," tandasnya. 

Perlu diketahui jumlah pemilih di Tuban mencapai 926.703. Rinciannya, untuk Daftar pemilih tetap (DPT) yaitu 925.104, untuk Daftar pemilih tambahan (DPTb) 1427, dan untuk Daftar pemilih tambahan (DPPH) 172. [rof/col]